Kompas.com - 18/05/2021, 18:05 WIB
[Tangkapan Layar] senjata tradisional Taji ayam, Lampung Youtube/Ners Agus Pande[Tangkapan Layar] senjata tradisional Taji ayam, Lampung

KOMPAS.com - Lampung merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Lampung memiliki beberapa jenis senjata tradisional yang memiliki keunikannya masing-masing.

Apa sajakah senjata tradisional khas Lampung dan apa saja keunikannya?

Taji ayam

Dalam Mengenal Senjata Tradisional (2010) karya Rahmat M, taji ayam merupakan senjata tikam tradisional khas Lampung. Taji ayam juga menjadi salah satu senjata tradisional khas Bengkulu.

Senjata ini sekilas bentuknya menyerupai pisau dan memiliki bagian tajam pada dua sisi matanya. Bagian ujungnya runcing dan membengkok, mirip seperti taji ayam. Senjata ini terbuat dari besi dan dilapisi baja, terkadang juga diberikan pamor.

Ukuran senjata ini kurang lebih sejengkal. Untuk penutupnya diberikan sarung yang terbuat dari campuran kayu dan perak. Keunikan utama dari senjata ini ialah bentuknya yang unik, mirip seperti taji ayam. Selain itu, senjata ini juga sering dikenakan dalam perlengkapan adat.

Baca juga: Daftar Senjata Tradisional di Indonesia

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

[Tangkapan Layar] senjata tradisional Terapang, Lampung Youtube/ ID INFO [Tangkapan Layar] senjata tradisional Terapang, Lampung
Terapang

Terapang merupakan senjata tradisional khas Lampung. Jika dilihat, sekilas terapang mirip seperti keris dengan bagian bilahnya yang agak sedikit berlekok.

Keunikan utama dari senjata ini ialah adanya ukiran kepala manusia atau burung di bagian sarung terapang yang terbuat dari kayu. Ukiran ini melambangkan keberanian.

Badik Lampung

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, badik lampung termasuk dalam salah satu senjata tradisional khas Lampung. Bentuknya seperti huruf L atau J. Senjata ini cukup populer dan dikenal masyarakat provinsi ini.

Badik lampung bentuknya tidak berbeda jauh dengan pisau biasa. Pembedanya terletak pada mata pisaunya yang meruncing ke bagian atas dan bentuk sarung serta gagang badiknya yang bengkok.

Keunikan utama dari senjata ini ialah digunakan sebagai lambang kejantanan. Sehingga banyak masyarakat yang membawa bandik ini dalam kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Mengenal Senjata Tradisional Bangka Belitung

Walau pada akhirnya kebiasaan ini mulai ditinggalkan seiring dengan munculnya larangan membawa senjata ke tempat umum.

Bahan utama pembuatan badik Lampung ialah dari logam dan kayu. Logam dijadikan bahan utama pembuatan senjatanya. Sedangkan kayu menjadi bahan pembuatan sarung dan gagangnya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X