Kompas.com - 18/05/2021, 17:02 WIB
[Tangkapan Layar] senjata tradisional Ruduih, Sumatera Barat Youtube/ Talang barueh chanel[Tangkapan Layar] senjata tradisional Ruduih, Sumatera Barat

KOMPAS.com - Sumateri Barat merupakan provinsi Indonesia yang daerahnya diduduki oleh penduduk asli yang disebut dengan Suku Minangkabau.

Budaya Suku Minangkabau di Sumatera Barat melahirkan berbagai budaya, salah satunya adalah senjata tradisional. Contoh senjata tradisional di Sumatera Barat seperti karambit, runduih, klewang, karih, dan piatik. Berikut penjelasannya: 

  • Kerambit

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, kerambit merupakan senjata tradisional Suku Minangkabau berupa pisau kecil yang melengkung yang luar biasa tajam dengan gagang yang terbuat dari tanduk, kayu keras, maupun gading.

Secara historis kerambit teinspirasi dari legenda cindaku, yaitu manusia minang yang bisa berubah menjadi harimau. Sehingga bentuk kerambit dibuat menyerupai lengkungan kuku harimau.

Baca juga: Daftar Senjata Tradisional di Indonesia

Kerambit atau kurambiak sangat kecil dan tipis sehingga dapat disembunyikan dalam baju, ukurannya membuat kerambit bisa digerakkan dengan lebih leluasa dan cepat dibanding senjata lain yang besar dan berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerambit dapat menciptakan luka sayat yang kecil namun dalam. Konon sayatan kerambit dapat memotong organ tubuh walau dari luar hanya terlihat seperti sayatan kecil.

Kemampuan tersebut membuat kerambit menjadi senjata tradisional paling mematikan di dunia.

Kerambit sangat tenar di dunia bela diri, beberapa negara memproduksi kerambit dalam skala besar seperti Amerika. Film John Wick 3 juga mengangkat kerambit ke dalam adegan filmnya yang dipadukan dengan silat macan yang memukau.

  • Ruduih

Ruduih yaitu senjata tradisional Suku Minangkabau, Sumatera Barat. Ruduih adalah senjata dengan bilah panjang menyerupai golok dan parang, bedanya bilah tajamnya melengkung cembung.

Baca juga: 3 Senjata Tradisional Sumatera Selatan

Ruduih menjadi senjata legendary simbol perlawanan masyarakat Minang terhadap penerapan pajak oleh Belanda yang mencekik rakyat Manggopoh.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X