Kompas.com - 06/05/2021, 11:43 WIB
[Tangkapan Layar] Alat musik aramba, daerah Sumatera Utara Youtube/ Utak Atik Otak[Tangkapan Layar] Alat musik aramba, daerah Sumatera Utara

KOMPAS.com - Tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Tidak hanya dari segi pakaian adat, rumah adat ataupun bahasanya, ciri khas budaya suatu daerah bisa dilihat dari keberagaman musik tradisional dan alat musiknya.

Mengutip dari buku Seni Musik Tradisi Nusantara (2020) karya Ketut Wisnawa, alat musik daerah atau tradisional sering digunakan dalam membawakan lagu daerah. Alat musik dan lagu ini mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan kebudayaan di suatu daerah.

Sederhana dan unik menjadi salah satu ciri alat musik daerah. Hampir setiap wilayah di Indonesia memiliki alat musik daerahnya masing-masing. Salah satunya Sumatera Utara.

Apa sajakah alat musik daerah Sumatera Utara?

Dalam buku Mengenal Seni & Budaya Indonesia (2012) karya R. Rizky dan T. Wibisono, dituliskan jika Sumatera utara memiliki alat musik daerah yang sangat beragam. Alat musik tersebut diantaranya:

  • [Tangkapan Layar] Alat musik doli-doliYoutube/ Filemon Hulu [Tangkapan Layar] Alat musik doli-doli
    Doli-Doli

Doli-doli berasal dari Nias, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu yang disusun sejajar dan berjejeran. Doli-doli dimainkan dengan cara dipukul menggunakan dua alat pemukul yang juga terbuat dari kayu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Daftar Alat Musik Tradisional di Indonesia

Sekilas, jika diperhatikan doli-doli agak mirip seperti kolintang. Namun, kedua alat musik ini berbeda, karena susunan kayu doli-doli tidak sebanyak seperti kolintang. Selain itu, bentuk doli-doli juga lebih kecil.

  • Aramba

Menurut Chintya Claudya Zai dalam jurnal Penggunaan Ansambel Aramba pada Upacara Adat Pernikahan Masyarakat Nias (2020), aramba merupakan alat musik yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Sekilas bentuknya mirip seperti alat musik tradisional gong.

Aramba terbuat dari logam, berbentuk bulat dan besar. Pada bagian tengahnya ada bulatan kecil yang menonjol ke luar. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul memakai alat pemukul khusus. Aramba sering digunakan dalam upacara pernikahan di Nias.

  • Druri Dana

Druri Dana dimainkan dengan cara dipukul atau digoyangkan, sama seperti alat musik angklung. Druri Dana terbuat dari bahan bambu yang dikerat seperti garpu penala. Alat musik tradisional ini merupakan salah satu satu alat musik harmonis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X