Kompas.com - 30/04/2021, 14:04 WIB
[Tangkapan Layar] Mengenal Tari Bidadari Terminang Anak dari Bengkulu Youtube/ LovelyIndonesia[Tangkapan Layar] Mengenal Tari Bidadari Terminang Anak dari Bengkulu

KOMPAS.com - Tari Bidadari Teminang Anak afalah salah satu tari tradisional Indonesia yang berasal dari wilayah Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Dilansir dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Rejang Lebong berada di atas pegunungan bukit barisan Provinsi Bengkulu yang merupakan produsen utara kopi dan sayuran.

Makna Tari Bidadari Teminang Anak mencerminkan sifat yang luhur. Seperti namanya bidadari teminang anak, menceritakan bidadari dari langit yang turun ke bumi untuk meminang atau mengangkat seorang anak manusia.

Dilansir dari Pesona Indonesia, seorang bidadari yang turun ke bumi dan mengangkat anak manusia bermakna datangnya berkah dari langit untuk kehidupan manusia di bumi.

Sehingga tarian bidadari teminang merupakan bentuk syukur atas rezeki serta keberkahan yang diturunkan ke bumi. Tarian tersebut juga memiliki nasihat pada orang tua untuk lebih menyayangi anakanya.

Baca juga: Tari Lalayon, Tari Percintaan Antarmuda-Mudi Maluku Utara

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kostum Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak ditarikan secara kelompok, dengan jumlah penari 8 hingga 16 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Para penari Bidadari Teminang Anak menggunakan pakaian adat khas Rejang Lebong dengan kain batik sebagai bawahannya dan juga ikat pinggang.

Salah satu dari penari Bidadari Teminang Anak menggunakan pakaian yang berbeda dari penari lainnya. Berarti penari tersebut berperan sebagai seorang anak manusia yang diangkat sebagai anak bidadari.

Penari bidadari terminang anak menggunakan konde pada rambunya, lengkap dengan tusuk konde dan hiasan kepala. Penari bidadari terminang anak juga menggunakan selendang dan penutup kepala sebagai aksesoris dan pelengkap gerak tari.

Gerak tari

Tari Bidadari Teminang Anak memiliki gerakan tari yang dinamis namun tetap ritmis dan harmonis.

Baca juga: Asal-Usul Tari Kendalen, Jawa Tengah

Penari Bidadari Teminang Anak banyak melakukan gerakan namun sangat kompak, sehingga terlihat menarik dan ceria. Tarian bidadari terminang diiringi musik khas daerah Rejang Lebong dengan alunan musik yang berulang.

Tari Bidadari Teminang Anak ditarikan pada upacara adat. Namun modern ini tarian Bidadari Teminang Anak sering ditarikan sebagai tarian selamat datang untuk menyambut tamu yang datang ke Rejang Lebong, dalam berbagai acara seni, juga dalam resepsi pernikahan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X