Kompas.com - 30/04/2021, 12:48 WIB
Lambang Negara Indonesia hasil sketsa Sultan Hamid II cagarbudaya.kemdikbud.go.idLambang Negara Indonesia hasil sketsa Sultan Hamid II

KOMPAS.com - Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang merupakan pandangan dan cara hidup bangsa.

Pancasila dilambangkan dalam suatu lambang negara yang kompleks dan memiliki arti luhur baik secara tersirat maupun tersurat. Lambang negara Indonesia disebut sebagai Garuda Pancasila.

Garuda PancasilaBlogspot.com / mediavector Garuda Pancasila
Lambang Garuda Pancasila dirancang oleh panitia teknis Lencana Negara yang diketuai oleh Mohammad Yamin, dan dianggotai oleh Ki Hadjar Dewantara, M.A. Pellaupessy, Muhammad Natsir, dan Prof. Dr. R.M.Ng. Purbotjaroko serta dikoordinir oleh Sultan Hamid II.

Hingga kemudian lambang negara diumumkan ke publik pada sidang cabinet Republik Indonesia Serikat (RIS) pada tanggal 11 Februari 1950.

Lambang negara Indonesia berupa burung Garuda dengan dengan perisai Pancasila dan cakar yang mencengkram pita bertuliskan semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga: Lambang Sila Pertama: Bintang Emas

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 tahun 1951 tentang Lambang Negara pada pasal 3:

Burung Garuda, yang digantungi perisai, itu adalah lambang tenaga pembangun (creatif vermogen) seperti dikenal pada peradaban Indonesia.

Burung garuda dari mythology menurut perasaan Indonesia berdekatan dengan burung elang rajawali. Burung itu dilukiskan di candi Dieng, Prambanan dan Panataran.

Ada kalanya dengan memakai lukis berupa manusia dengan berparuh burung dan bersayap (Dieang): dicandi Prambanan dan dicandi Jawa Timur rupanya seperti burung, dengan berparuh panjang berambut raksasa dan bercakar.

Burung Garuda dilukis dengan warna emas yang bermakna kemuliaan, kemakmuran, kejayaan, kebijaksanaan, optimisme, dan keagungan.

Baca juga: Lambang Sila ke-2: Rantai Emas

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X