Kompas.com - 28/04/2021, 17:40 WIB
Garuda Pancasila Blogspot.com / mediavectorGaruda Pancasila

KOMPAS.com - Bhinneka Tunggal Ika merupakan frasa dari bahasa jawa kuno yang memiliki arti berbeda-beda namun satu jua.

Semboyan tersebut diambil dari Kakawin Sutasoma yang dibuat oleh Mpu Tantular sekitar abad ke-14.

Dilansir dari situs resmi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia sebagaimana yang tertulis pada Pasal 1 Undang-Undang Indonesia No 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan. Berikut isinya: 

Pasal 1 ayat 3:

“Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Lambang Negara adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika”

Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara memiliki fungsi mendasar bagi dilaksanakannya kehiduan berbangsa dan bernegara yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa Indonesia yang beragam kedalam suatu kedaulatan NKRI.

Baca juga: Arti Bhinneka Tunggal Ika

Dilansir dari Garba Rujukan Digital, semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah falsafah bangsa yang tidak memihak pada kebudayaan, suku, ras, agama, ataupun bahasa tertentu, melainkan mempersatukan semuanya menjadi kekuatan bangsa Indonesia.

Dilansir dari Badan Pusat Statistik, Indonesia terdiri dari 1.340 suku bangsa yang berbeda. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan semua suku bangsa dan menghindarkan terjadinya perang antar suku karena merasa sama-sama warga negara Indonesia.

  • Menciptakan toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berfungsi menciptakan toleransi dalam keberagaman Indonesia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X