Kompas.com - 26/04/2021, 12:20 WIB

KOMPAS.com - Magnet adalah suatu benda yang dapat menarik beberapa benda lain tanpa harus menyentuhnya terlebih dahulu.

Dilansir dari Departement of Education and Training Victoria State Goverment, gaya magnet adalah salah satu gaya non-kontak fundamental di alam selain gaya gravitasi dan gaya elektrostatis. Gaya magnet dapat menarik benda magnetis seperti besi dan paku untuk mendekatinya.

Suatu magnet memiliki medan magnet dan gaya magnet. Dilansir dari Khan Academy, medan magnet merepresentasikan jangkauan magnet dalam ruang sedangkan gaya magnet adalah gaya yang timbul akibat adanya interaksi medan magnet.

Semakin kuat medan magnet yang berinteraksi, maka akan semakin besar gaya magnet yang ditimbulkannya.

Baca juga: Cara-cara Membuat Magnet

phys.libretexts.org Garis-garis gaya magnet

Magnet memberikan pengaruh terhadap benda magnetis dengan cara menariknya ataupun menolaknya. Medan magnet terbentuk dari elektron yang bergerak.

Berdasarkan laman How Stuff Works, benda magnetis memiliki beberapa elektron tidak berpasangan dengan arah spin yang sama. Sehingga saat magnet berdekatan dengan benda magnetis, elektron dari medan magnet akan berpasangan dengan elektron pada benda magnetis yang arah spinnya berkebalikan.

Hal tersebut mendorong terjadinya momen magnetik orbital pada benda magnetis. Momen magnetic orbital tersebut akan memaksa atom-atom lainnya untuk terpolarisasi.

Atom-atom benda magnetis tersebut kemudian akan sejajar sesuai dengan garis gaya magnet dan tertarik ke kutub magnet lalu menempel.

Hal sebaliknya akan terjadi pada benda non-magnetis. Benda non-magnetis memiliki pasangan elektron dengan spin yang berlawanan sehingga bisa menghilangkan sehingga tidak tertarik ataupun tertolak oleh magnet.

Baca juga: Medan Magnet: Menentukan Besar Gaya Lorentz Pada Elektron

Kebanyakan logam adalah bahan magnetis, seperti besi, nikel, kobalt, baja, dan logam tanah langka seperti samarium serta gadolinium.

Namun ada juga logam yang bukan merupakan bahan magnetis yaitu emas, alumunium, tembaga, dan perak. Contoh benda magnetis adalah paku, jarum, gunting, palu, obeng, pisau, mur, baut, dan benda lain yang terbuat dari bahan magnetis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.