Kompas.com - 31/03/2021, 14:34 WIB
Khombow, Seni Lukis dari Jayapura kebudayaan.kemdikbud.go.idKhombow, Seni Lukis dari Jayapura

KOMPAS.com - Lukisan adalah salah satu karya seni yang sejak lama digemari oleh manusia. Lukisan telah dilakukan sejak zaman prasejarah oleh manusia purba di tembok-tembok gua.

Lalu media lukis berkembang dariyang awalnya pada batu menjadi pada kulit kayu, kain, dan juga kertas.

Salah satu lukisan pada kulit kayu yang paling terkenal adalah Khombow. Khombow yaitu lukisan kulit kayu yang berasal dari Kampung Asei Besar, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Khombow dibuat oleh orang Sentani, dibuat dari kain tapa yaitu kulit pohon fig dan murbei yang dipukul-pukul hingga menjadi pipih dan memiliki permukaan yang hampir rata.

Khombow dilukis dengan motif berupa hewan dan tumbuhan dengan arti tertentu pada setiap gambarnya.

Baca juga: Ragam Seni Rupa Daerah di Indonesia

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Ditjen Kebudayaan, motif buaya dan yoniki menandakan seorang pemimpin dan perangkat adat, serta12 motif lainnya untuk dipergunakan penduduk seperti matahari, ular, cicak, kadal, ikan, bangau, belut, kelelawar, tupai terbang, burung, ikan dedaunan, bunga, spiral melingkar, roh mitologis, motif abstrak, dan lukisan lain yang berfubungan dengan aspek kehidupan.

Awalnya Khombow digunakan dalam tiga tahap besar kehidupan orang Sentani untuk kelahiran, pernikahan, dan juga kematian. 

Hingga Khombow ditemukan oleh administrator dan misionaris colonial Eropa yang berkunjung ke Sentani. Dilansir dari Art of The Ancestors, Pul Wirz pada tahun 1921 memperoleh Khombow dan membawanya ke Eropa.

Khombow membuat orang Eropa jatuh cinta dan diakui sebagai bentuk karya seni yang indah. Membuat Sentani didatangi oleh penggemar seni dari mulai penggemar seni primitif, pelukis terkenal, hingga penulis surealis. Oleh orang Eropa, Khombow sering disebut juga sebagai lukisan maro.

Hingga saat ini, Khombow menjadi salah satu kerajinan tangan asli Papua yang banyak diminati oleh turis dan kolektor lukisan. Kita bisa membelinya dari orang Sentani dengan harga yang sepadan dengan kerumitan lukisan itu sendiri.

Baca juga: Daftar Pakaian Adat di Indonesia


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X