Kompas.com - 18/03/2021, 19:34 WIB
Ilustrasi baju Barong Tagalog (pria) wikimedia.org/Markytour777Ilustrasi baju Barong Tagalog (pria)

KOMPAS.com - Gaya pakaian Filipin dimulai masa abad ke-8 sampai abad ke-15. Di mana pelaut-pelaut Melayu menetap di bagian selatan Kepulauan Filipin dan meninggalkan pengaruh budayanya.

Tak haya pelaut Melayu saja, melainkan juga pedagang-pedagang China, Kamboja, Thailand, Jawa, India, Persia, dan Arabia juga singgah di Filipina.

Masing-masing negara tersebut kemudian memberikan pengaruh budaya di Filipina, hingga ke pakaian tradisionalnya.

Baju tradisional Filipina untuk laki-laki adalah Barong Tagalong. Sedangkan untuk wanita mengenakan Baro't Saya.

Dalam buku Barangay: Sixteenth Century Philippine Culture and Society (1994) oleh William Henry, Barong Tagalog adalah kemeja formal lengan panjang bersumlam.

Baca juga: Baju Melayu dan Kurung, Pakaian Tradisional Malaysia

Barong Tagalog memadukan eleman dari gaya pakaian asli Filipina dan Spanyol. Secara tradisional, Barong Tagalog terbuat dari serat nanas dan kayu yang ditenun tipis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun saat ini penggunaan sutra, rami, atau poliester juga digunakan untuk Barong Tagalog, pembuatan tradisional masih bisa ditemui di Filipina.

Untuk menggunakan Barong Tagalog harus dilengkapi dengan baju dalaman karena umunya Barong Tagalog adalah baju yang tipis dan tembus pandang. Baju tersebut dipadukan dengan celana dan sepatu resmi.

Sedangkan untuk pakaian tradisional Filipina perempuan adalah Baro't Saya yang artinya kemeja dan rok. Baju ini terdiri dari blus, rok panjang, sapu tangan dan kain persegi panjang yang dililitkan di atas rok.

Baca juga: Baju Sampot dan Krama, Pakaian Tradisional Kamboja

Varian baju Filipina

Dalam jurnal Clothing and the colonial culture of appearances in nineteenth century Spanish Philippines (1820–1896) (2014) oleh Stephanie Marie, Filipina memiliki varian lain, seperti:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.