Kompas.com - 18/03/2021, 17:55 WIB
Ilustrasi baju tradisional Malaysia freepik.com/ lek_suwarinIlustrasi baju tradisional Malaysia

KOMPAS.com - Letak geografis yang strategis menyebabkan Malaysia memiliki keberagaman etnis. Hal tersebut memengaruhi kebudayaan Malaysia, salah satunya pakaian tradisional.

Dilansir dari situs resmi Tourism Malaysia, pakaian tradisional Malaysia untuk kaum laki-laki adalah Baju Melayu.

Baju Melayu berlengan panjang yang dikenakan di atas celana panjang dan biasanya disertai dengan sarung pendek yang dililitkan dipinggul. Dilengkapi dengan songkok atau peci untuk menutup kepala.

Sedangkan baju tradisional Malaysia untuk perempuan adalah baju Kurung. Baju Kurung merupakan blus selutut yang dikenakan di atas rok panjang atau sarung.

Blus berlengan panjang ini biasanya tanpa kerah, sedangkan sarungnya memiliki lipatan di satu sisi. Busana Kurung dilengkapi dengan tudong atau selendang.

Baca juga: Baju Sampot dan Krama, Pakaian Tradisional Kamboja

Beragam jenis pakaian tradisional

Dalam buku Pakaian Tradisional ASEAN (1991) oleh Suhardi Chalid, kain yang sangat digemari masyarakat Malaysia adalah kain songket yang ditenun dengan benang sutra dan emas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Motif-motif kain songket cukup beragam dan mengagumkan bagi orang yang melihatnya. Selain Baju Melayu dan Kurung, Malaysia memiliki beberapa pakaian tradisional lainnya, yaitu:

  • Baju Sikap Lelaki

Baju Sikap adalah pakaian tradisional kerabat raja di Kedah, Perilis, dan Selangor. Baju ini disebut juga mangan, karena potongan dan cara memakainya yang berbeda.

Baju Sikap terdiri dari jas, celana, baju dalam, tengkuluk, kain limar, ikat pinggang songket.

  • Pakaian Cik Siti Wan Kembang

Pakaian ini terdiri dari tiga helai kain, yaitu kain kembar, sarung songket, dan selendang panjang untuk di atas bahu.

Perhiasan yang digunakan adalah tusuk sanggul, kalung, gelang, dan pending. Di tangan kirinya memegang sembila keris yang melambangkan kuasa di dalam budaya Melayu.

Baca juga: Baju Kurung, Pakaian Tradisional Brunei Darussalam

  • Baju Kurung Cakak Musang

Baju ini mulai dikenal pada 1930-an. Awalnya baju Kurung Cekak Musang hanya dipakai oleh golongan raja saja. Namun saat ini sudah menjadi pakaian umum. Baju Kurung Cakak Musang terdiri dari baju, celana, sarung pendek, pengikat pinggang, dan tengkuluk.

  • Baju Kebaya Panjang

Baju Kebaya Panjang merupakan salah satu pakaian tertua di Malaysia. Baju ini terdiri dari kebaya panjang dengan belahan diberi peniti. Baju ini digunakan dengan sarung. Umumnya dipakai di pantai barat semenanjung Malaysia, Pulau Pinang, dan Perilis.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.