Kompas.com - 17/03/2021, 14:33 WIB
Perhitungan baru menemukan jika jarak planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius. (NASA/JPL)Perhitungan baru menemukan jika jarak planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius.

KOMPAS.com - Planet merupakan benda langit yang tidak bisa memancarkan cahaya ataupun panas. Dalam peredarannya, planet selalu bergerak mengelilingi matahari sesuai dengan lintasannya.

Setiap planet di tata surya memiliki kala revolusi dan karakteristik yang berbeda. Contohnya planet Merkurius memiliki suhu yang lebih panas dibanding Bumi, karena jaraknya yang lebih dekat dengan matahari.

Planet di tata surya dibagi menjadi tiga kelompok, yakni berdasarkan lintasan asteroid sebagai pembatasnya, bumi sebagai pembatas serta ukuran dan komposisi penyusunnya.

Pengelompokan planet berdasarkan lintasan asteroid sebagai pembatasnya

Jika melihat lintasan asteroidnya, planet di tata surya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam atau inner planets dan planet luar atau outer planets.

  • Inner planets atau planet dalam

Mengutip dari Universe Today, planet dalam merupakan planet yang orbitnya berada di bagian dalam lintasan asteroid, yakni dari matahari ke lintasan asteroid.

Jika melihat jaraknya, dapat dikatakan yang termasuk dalam inner planets memiliki jarak yang lebih dekat ke matahari. Namun, ini bukan patokan utamanya karena planet dalam ditentukan dari lintasan asteroid sebagai pembatasnya.

Contoh planet dalam ialah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kala Revolusi dan Rotasi Planet

  • Outer planets atau planet luar

Planet luar merupakan planet yang posisinya berada di bagian luar lintasan asteroid. Jaraknya tergolong jauh dari matahari. Planet luar juga sering disebut sebagai Gas Raksasa atau Gas Giant.

Ukuran planet yang tergabung dalam outer planets lebih besar dibanding planet dalam. Contoh planet luar ialah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Pengelompokan planet berdasarkan bumi sebagai pembatasnya

Jika melihat bumi sebagai pembatasnya, planet di tata surya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu planet inferior serta planet superior.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X