Kompas.com - 09/03/2021, 20:51 WIB
Ilustrasi Singapura. Pixabay/cegohIlustrasi Singapura.

KOMPAS.com - Singapura merupakan salah satu pusat perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, Singapura juga dijuluki Macan Asia karena kekuatan ekonominya.

Dalam bidang keuangan, Singapura menjadi pusat keuangan nomor empat di dunia. Singapura juga memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian dunia, seperti perdagangan, sektor pariwisata, dan lain sebagainya.

Penduduk Singapura mayoritas berasal dari Cina, Melayu, India, serta keturunan Asia lainnya. Sekitar 42 persen penduduknya merupakan pekerja asing dan pelajar atau mahasiswa.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Singapura merupakan pusat keuangan keempat di dunia. Hal ini tidak mengherankan, karena sekitar 6,1 persen penduduknya bekerja di bidang keuangan atau perbankan.

Baca juga: Singapura, Satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang Tidak Memiliki Hasil Tambang

Alasan penduduk Singapura bekerja di sektor industri dan jasa

Namun, tahukah kamu jika mayoritas penduduk Singapura bekerja di bidang industri dan jasa?

Dilansir dari World Bank, sekitar 17 persen penduduk Singapura bekerja di sektor industri (pabrik) dan 12,4 persen penduduk lainnya bekerja di bidang jasa.

Dalam bidang perekonomian, Singapura merupakan negara maju yang sangat mengandalkan sektor industri sebagai kegiatan ekonominya. Hal inilah yang menjadikan Singapura sebagai salah satu pelopor industri di Asia Tenggara.

Beberapa bidang industri yang digeluti oleh Singapura diantaranya:

  1. Pariwisata
    Menurut Istiqamah dalam jurnal yang berjudul Mengungkap Pesona Taman Selatan Marina "Gardens By the Bay" di Singapura (2018), sektor industri pariwisata di Singapura sudah sangat maju, bahkan meraih peringkat kelima di tingkat internasional.
  2. Perbankan
    Sektor perbankan juga menjadi salah satu sektor industri ternama di Singapura. Hal ini menjadikan Singapura sebagai salah satu pusat keuangan internasional.
  3. Elektronik
    Industri ini memegang peranan yang sangat penting bagi penduduk Singapura. Bahkan elektronik menjadi komoditi ekspor utama negara ini. Contohnya ialah mesin dan peralatan elektronik.

Negara ini tidak memiliki sumber daya alam, sehingga dalam pengolahan dan pemanfaatannya mengandalkan impor dari negara lain. Contohnya Indonesia.

Baca juga: Kondisi Sosial Budaya di Singapura

Selain itu, Singapura juga memiliki letak geografis yang sangat strategis, yakni terletak di jalur perdagangan internasional. Bahkan pelabuhan di Singapura merupakan salah satu pelabuhan terpadat di dunia dengan jumlah muatan kapal yang sangat banyak.

Jika disimpulkan, berikut beberapa alasan mengapa penduduk Singapura mayoritas bekerja di bidang industri dan jasa:

  1. Tidak memiliki sumber daya alam
    Singapura hanya memiliki sumber daya laut, seperti ikan dan hasil laut lainnya. Negara ini tidak mempunyai hasil tambang, sehingga dalam penggunananya membutuhkan impor.
  2. Letak geografis Singapura yang strategis
    Letak Singapura sangatlah strategis, bahkan pelabuhannya termasuk dalam lima pelabuhan terpadat di dunia. Hal ini tentunya memudahkan Singapura untuk mengekspor atau memperdagangkan hasil industrinya ke negara lain.
  3. Industri pariwisatanya sangat maju
    Singapura memiliki industri pariwisata yang sangat maju. Maka tidak mengherankan jika penduduknya banyak yang bekerja di sektor jasa. Misalnya mendirikan hotel, jasa transportasi, dan lain sebagainya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber World Bank
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.