Kompas.com - 08/03/2021, 19:09 WIB
Ilustrasi tari Suanggi Papua Barat pinterest.com/Seni BudayaIlustrasi tari Suanggi Papua Barat

KOMPAS.com - Tari Suanggi berasal dari Papua Barat yang kental dengan nuansa magis. Beberapa tarian Papua cenderung terkesan berawal dari gerakan ritual dan upacara.

Dalam buku 70 Tradisi Unik Suku Bangsa di Indonesia (2019) oleh Fitri Haryani, tari Suanggi adalah bentuk ekspresi masyarakat Papua Barat yang masih meyakini adanya nuansa magis.

Tari Suanggi memiliki makna yang dalam. Berawal dari kisah seorang suami yang ditinggal mati istrinya karena korban makhluk anggi-anggi (jadi-jadian).

Menurut kepercayaan masyarakat Papua Barat, suanggi merupakan roh jahat yang belum mendapatkan kenyamanan di alam baka. Roh jahat tersebut akan merasuki tubuh seorang wanita.

Baca juga: Tari Bedana, Cermin Tata Kehidupan Masyarakat Lampung

Jika ada korban, para tetua akan segera mencari tahu siapa perempuan suanggi yang sudah mencelakai korban. Kentalnya nuansa magis tersebut kemudian dirangkum menjadi tarian Suanggi yang dikenal sampai sekarang.

Sebelum penari mulai menarikan Suanggi harus diawali dengan ritual yang dipimpin tetua suku.

Gerak tari Suanggi

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, fungsi tari Suanggi adalah untuk mengusir roh jahat.

Bedanya dengan tarian mengusir roh jahat yang lain, tari Suanggi untuk mengusir arwah yang masih memiliki janji namun belum dipenuhi.

Baca juga: Tari Cangget, Tarian Tradisional Provinsi Lampung

Setiap gerakan yang dilakukan pada tari Suanggi lebih menyerupai aktivitas dukun atau orang dengan kekuatan magis yang akan menyembuhkan suatu penyakit.

Busana tari Suanggi menggunakan pakaian tradisional Papua Barat. Tarian ini hanya ditampilkan ketika ada seorang warga yang meninggal. Tidak untuk pertunjukan umum atau pentas seni.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X