Kompas.com - 04/03/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi tari Rangguk Jambi (tangkapan layar) Youtube/Wenny Ira RIlustrasi tari Rangguk Jambi (tangkapan layar)

KOMPAS.com - Seni tari daerah Jambi cukup beragam, terutama corak pada tari-tariannya. Salah satunya tari Rangguk.

Setiap tarian daerah memiliki ciri yangs esuai dengan keadaan daerah serta suku dalam kelompok masyarakat yang bersangkutan.

Dalam buku Tari Tradisi Melayu, Eksistensi dan Revitalisasi Seni (2016) oleh Muhdi Kurnia, tari Rangguk merupakan tarian traisi berasal dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Kata Rangguk berasal dari dua kata yang digabung menjadi satu, yaitu uhang artinya orang dan ganggong berarti angguk. Sehingga arti rangguk adalah mengangguk.

Berdasarkan sejarahnya, tari Rangguk diciptakan oleh seorang ulama setempat yang pulang sehabis menunaikan ibadah haji.

Baca juga: Tari Andun, Tarian Pesta Perkawinan di Bengkulu

Ketika sedang menunaikan ibadah haji, beliau berkeliling Arab untuk melihat pergaulan dan tradisi yang berkembang di sana.

Salah satu hal yang menarik perhatian beliau adalah tradisi yang dimainkan generasi pemuda setempat, yaitu menabuh rebana sembari mengangguk.

Hal ini membuat beliau untuk berdakwah dengan cara menyampaikan isinya di dalam syair sambil merangguk dengan rebana agar masyarakat tertarik pada ajaran agama Islam.

Setelah wafat, tradisi merangguk masih terus hidup dalam masyarakat Kerinci hingga sekarang.

Awal perkembangan tari Rangguk ditarikan oleh kaum laki-laki pada sore hari di depan rumah. Hal tersebut sebagai sarana hiburan melepas lelah setelah seharian bekerja di sawah.

Baca juga: Tari Tarek Pukat, Terinspirasi dari Nelayan di Aceh

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X