Kompas.com - 03/03/2021, 09:57 WIB
Refleksi jajar genjang KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARRefleksi jajar genjang

KOMPAS.com - Jajar genjang atau parallelogram adalah salah satu bangun datar. Jajar genjang merupakan poligon karena terdiri dari empat buah garis lurus yang saling terhubung. Jajar genjang memiliki bentuk seperti persegi panjang yang tertiup angin sehingga terlihat miring.

Dilansir dari Calc Workshop, jajar genjang memiliki sisi-sisi berlawanan yang sejajar dan kongruen. Sudut-sudut yang berlawanan pada jajar genjang adalah kongruen atau sama besar. Sedangkan sudut yang berurutan berjumlah 180°. Diagonal jajar genjang membaginya menjadi dua segitiga yang kongruen.

Dalam materi sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara menghitung luas jajar genjang. Pada materi kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menghitung keliling jajar genjang. Keliling jajar genjang adalah jumlah keempat sisi luar yang membingkai jajar genjang.

Keliling jajar genjang dapat dihitung dengan menambahkan sisi alas, sisi atas, sisi kanan, dan sisi kirinya. Sisi alas dan sisi atas jajar genjang adalah kongruen atau sama besar. Begitu juga sisi kanan dan kiri jajar genjang juga sama besar.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Jajar Genjang

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Alas dan sisi jajargenjang

Keliling jajar genjang = sisi alas + sisi atas + sisi kanan + sisi kiri
                                = 2 a + 2 b
                                = 2 (a + b)

Untuk lebih memahami tentang cara menghitung keliling jajar genjang, yuk kita simak pembahasan soal di bawah ini!

  • Contoh Soal:

1. Keliling jajargenjang PORS adalah…

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Jajargenjang PQRS

Jawaban:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X