Kompas.com - 25/02/2021, 08:51 WIB
Daftar Gubernur Jenderal VOC TropenmuseumDaftar Gubernur Jenderal VOC

KOMPAS.com - Pengangkatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda merupakan salah satu contoh kebijakan VOC di bidang politik. Tujuannya agar pengelolaan kongsi dagang VOC dapat semakin mudah.

Ada banyak gubernur jenderal yang ditugaskan oleh Pemerintah Belanda di Hindia Belanda. Mereka menjadi kepanjangan tangan Belanda atau VOC kala itu.

Siapa sajakah mereka? Berikut merupakan daftar Gubernur Jenderal Hindia Belanda dari 1875 hingga 1904, yang dilansir dari situs Encyclopedia DKI Jakarta dan Dinas Pariwisata Jakarta:

Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge (1875-1881)

Gubernur Jenderal Hindia Belanda Johan Wilhelm van LansbergeRijksmuseum Gubernur Jenderal Hindia Belanda Johan Wilhelm van Lansberge
Johan Wilhelm van Lansberge dilahirkan di Kolombia pada 1830 dan meninggal di Mentone pada 1903. Ia merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang ke-55.

Ia merupakan orang pertama yang tinggal di Gedung Istana Gubernur Jenderal atau yang sekarang dikenal dengan Istana Negara Indonesia. Sebelum menjadi gubernur jenderal, ia memiliki jabatan diplomatik di Paris, Madrid, Saint Petersbug serta Brussel.

Gubernur Jenderal Frederik s’Jacob (1881-1884)

Gubernur Jenderal Hindia Belanda Frederik s?JacobRijksmuseum Gubernur Jenderal Hindia Belanda Frederik s?Jacob
Frederik s’Jacob dilahirkan di Den Haag, Belanda pada 1822 dan meninggal di Utrecht pada 1901. Saat ia menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Gunung Krakatau meletus pada 27 Agustus 1883. Letusan ini menyebabkan tewasnya 36 ribu jiwa.

Selain itu, pada pemerintahannya juga terjadi wabah Kolera di Pulau Jawa. Ia sangat berjasa dalam perluasan jaringan rel kereta api dan memperkenalkan teknologi telepon ke Hindia Belanda.

Gubernur Jenderal Otto van Rees (1884-1888)

Gubernur Jenderal Hindia Belanda Otto van ReesRijksmuseum Gubernur Jenderal Hindia Belanda Otto van Rees
Otto van Rees dilahirkan di Culemborg pada 1823 dan meninggal di Arnhem pada 1892. Sebelum menjabat sebagai gubernur jenderal, ia menyandang dua jabatan penting dalam Pemerintahan Belanda.

Jabatan tersebut diantaranya Menteri Urusan Kolonial Belanda pada 1879 dan Presiden Dewan Perwakilan Rakyat Belanda mulai dari 1881 hingga 1884. Kemudian ia dipercaya menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada 1884 hingga 1888.

Gubernur Jenderal Cornelis Pijnacker Hordijk (1888-1893)

Gubernur Jenderal Hindia Belanda Cornelis Pijnacker HordijkRijksmuseum Gubernur Jenderal Hindia Belanda Cornelis Pijnacker Hordijk
Cornelis Pijnacker Hordijk dilahirkan di Drumpt, Tiel pada 1847 dan meninggal di Haarlem pada 1908. Ia merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang ke-58.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X