Kompas.com - 22/02/2021, 14:16 WIB
Daftar Gubernur Jenderal VOC TropenmuseumDaftar Gubernur Jenderal VOC

KOMPAS.com - John Fendall menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang terakhir saat Inggris menduduki Hindia Belanda. Kekuasaan Inggris diambil alih oleh Belanda, yang kembali menduduki Hindia Belanda dari 1816 hingga 1949.

Siapa sajakah Gubernur Jenderal Hindia Belanda mulai dari 1816 hingga 1875? Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Dinas Pariwisata Jakarta dan Encyclopedia DKI Jakarta:

Gubenur Jenderal G.A.G.Ph. van der Capellen (1816-1826)

Gubernur Jenderal Hindia Belanda Van der CapellenRijksmuseum Gubernur Jenderal Hindia Belanda Van der Capellen
Van der Capellen lahir di Utrecht pada 1778 dan meninggal di De Bilt, Utrecht pada 1848. Ia merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-41.

Selama masa kepemimpinannya, Capellen berjuang menghadapi serangan Raffles yang saat itu menjabat sebagai Komisaris Jenderal Bengkulu. Saat itu, Raffles mencoba mengambil alih kekuasaan di Sumatera dan Kalimantan.

Ia juga pernah membuat kebijakan pengurangan monopoli rempah-rempah serta menghentikan pembayaran sewa tanah. Namun, penghentian pembayaran ini menimbulkan protes dari kalangan ningrat pemilih tanah, hingga akhirnya Perang Diponegoro terjadi.

Gubernur Jenderal Leonard Pierre Joseph du Bus de Gisignies (1826-1830)

Gubernur Jenderal Hindia Belanda Leonard Du Bus de GisugniesRijksmuseum Gubernur Jenderal Hindia Belanda Leonard Du Bus de Gisugnies
Du Bus de Gisugnies merupakan orang Katolik pertama yang memimpin Hindia Belanda. Ia merupakan bangsawan Belgia dan saat menjabat sebagai Gubernur Jenderal di Batavia, ia menyelesaikan gedung istana gubernur jenderal yang sekarang digunakan sebagai Gedung Departemen Keuangan.

Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch (1830-1833)

Potret Gubernur Jendral Hindia Belanda Johannes Graaf van den Bosch (1780-1844) dilukis oleh Raden Saleh pada 1811 ?1880.Rijksmuseum Potret Gubernur Jendral Hindia Belanda Johannes Graaf van den Bosch (1780-1844) dilukis oleh Raden Saleh pada 1811 ?1880.
Van den Bosch dilahirkan di Herwijnen, Belanda. Ia mengawali karirnya di Pulau Jawa pada 1797 sebagai seorang letnan dan kemudian diangkat menjadi kolonel. Pada 1810, ia dipulangkan ke Belanda karena perbedaan pendapat dengan Daendels.

Saat 1827, ia dikirim kembali ke Batavia untuk menjabat sebagai jenderal komisaris. Kemudian pada 1830, ia diangkat menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan ia pensiun secara sukarela pada 1839.

Gubernur Jenderal Jean Chretien Baud (1833-1836)

Gubernur Jenderal Hindia Belanda Jean Chretien BaudRijksmuseum Gubernur Jenderal Hindia Belanda Jean Chretien Baud
Jean Chretien Baud dilahirkan di Den Haag pada 1789 dan meninggal pada 1859. Ia merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang ke-44.

Seusai menjabat sebagai gubernur jenderal, ia diangkat menjadi Menteri Angkatan Laut dan Menteri Jajahan. Selama masa kepemimpinannya, ia sangat kuat dalam membela sistem tanam paksa yang menyengsarakan rakyat Indonesia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X