Kompas.com - 19/02/2021, 14:29 WIB
Candi Mendut yang berlokasi di Mungkid, Magelang, Jawa Tengah ternyata dulunya beratap dan memiliki dua cerita relief istimewa yang belum diketahui wisatawan. Nicholas Ryan AdityaCandi Mendut yang berlokasi di Mungkid, Magelang, Jawa Tengah ternyata dulunya beratap dan memiliki dua cerita relief istimewa yang belum diketahui wisatawan.

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara yang luas dengan suku dan budaya yang beragam.

Keragaman suku bangsa dan budaya mengakibatkan beragamnya peninggalan sejarah yang ada di Indonesia.

Benda-benda peninggalan sejarah tersebut bukan milik pribadi, melainkan milik negara. Sehingga kita tidak boleh memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.

Lalu jika ada masyarakat yang menemukan benda-benda peninggalan sejarah, apa yang harus dilakukan?

Baca juga: Peninggalan Sejarah Kerajaan Cirebon

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tindakan yang harus dilakukan jika menemukan benda-benda peninggalan sejarah, yaitu:

  • Kenali

Ketika menemukan benda, kita harus bisa mengenali apakah benda yang ditemukan termasuk cagar budaya.

Benda cagar budaya adalahbenda alam dan atau buatan manusia yang bergerak maupun tidak, berupa kesatuan atau kelompok, atau bagian-bagiannya, atau sisa-sisanya yang berhubungan erat dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan manusia.

Benda cagar budaya yang sering ditemukan mulai dari alat batu prasejarah, fosil, arca batu dan perunggu, perhiasan, Lingga, Yoni, mata uang, keramik, dan alat-alat upacara keagamaan.

Benda-benda tersebut berasal dari masa prasejarah, masa klasik, masa Islam, dan kolonial. Dapat dikatakan benda-benda temuan tersebut merupakan barang kuno danberusia lebih dari 50 tahun.

Baca juga: Contoh Bangunan Peninggalan Sejarah di Indonesia

  • Amankan

Banyak cagar budaya yang ditemukan masyarakat di tempat-tempat terbuka dan terpendam.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X