Kompas.com - 19/02/2021, 14:08 WIB
Atmosfer Mars yang tipis NASAAtmosfer Mars yang tipis

KOMPAS.com - Mars adalah planet keempat terdekat dengan Matahari, tepat berada di belakang Bumi. Mars dikenal dengan nama planet merah karena permukaannya yang berwarna merah kecoklatan. Tahukah kamu bahwa pada awalnya Mars mirip seperti Bumi?

Dilansir dari NASA, dulunya Mars memiliki atomsfer tebal yang melindungi air dalam betuk cair di permukaannya.

Hal ini didasari oleh penemuan jejak dasarsungai kering di permukaan Mars. Ditambah lagi dengan keberadaan mineral yang hanya dapat terbentuk jika ada air.

Para ilmuwan bahkan meyakini bahwa jumlah oksigen di Mars pada awalnya sama dengan jumlah oksigen di Bumi. Mars juga memiliki air dalam bentuk cair sehingga memungkinkan kehidupan di dalamnya.

Lalu mengapa Mars berubah menjadi planet yang dingin dan kering seperti sekarang? Hal itu karena atmosfer Mars menipis sehingga tidak lagi dapat melindungi air pada permukaannya.

Mengapa atmosfer Mars lebih tipis jika dibandingkan dengan atmosfer Bumi?

Jawabannya adalah karena gaya gravitasi Mars yang kecil, juga ketidakadaan medan magnet dalam planet tersebut.

Baca juga: Manusia Hidup di Mars, Mungkinkah?

 

Dilansir dari NASA's Mars Exploration Program, Mars berukuran 6 kali lebih kecil dari volume Bumi, sehingga gaya gravitasinya juga 62,5 persen lebih kecil dari Bumi. Sehingga jika berat badanmu di Bumi adalah 50 kilogram, saat di Mars berat badanmu menjadi hanya 19 kilogram.

mars.nasa.gov Perbandingan gaya gravitasi di Bumi dan di Mars

Mars awalnya memiliki dinamo internal penghasil medan magnet planet. Namun dinamo ini diduga rusak akibat hantaman benda luar angkasa yang kuat.

Hal ini menyebabkan Mars tidak lagi memiliki medan magnet yang dapat melindungi Bumi dari medan magnet dan juga angin Matahari.

Gaya gravitasi yang lemah dan tidak adanya medan magnet planet, membuat atmosfer Mars terkikis oleh angin Matahari yang terus menerpanya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X