Kompas.com - 18/02/2021, 15:27 WIB
Ilustrasi Faktor Pendukung Pembangunan Nasional KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi Faktor Pendukung Pembangunan Nasional

KOMPAS.com - Pembangunan hakikatnya adalah upaya mewujudkan tujuan nasional bangsa Indoensia yang maju, mandiri, sejahtera, berkeadilan, berdasarkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam buku Pembangunan Nasional (2010) oleh Heliarta pembangunan nasional adalah pembangunan dari, oleh, dan untuk rakyat.

Pembangunan nasional menjadi upaya untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang sekaligus merupakan proses pembangunan penyelenggaraan negara untuk tujuan nasional.

Pembangunan nasional dilaksanakan di semua aspek kehidupan bangsa, meliputi politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Sehingg terwujud wawasan Nusantara.

Baca juga: Upaya Pemerintah dalam Melaksanakan Pembangunan Nasional

Serta memperkukuh ketahanan nasional dengan membangun bidang-bidang pembangunan diselarakan dengan sarana jangka panjang yang ingin diwujudkan.

Faktor pendukung

Dikutip dari buku Perencanaan Pembangunan Daerah (2016) oleh Muhammad Idris Patarai, faktor pendukung pembangunan nasional, yaitu:

  • Kemerdekaan dan kedaulatan bangsa

Untuk terselenggaranya pembangunan ekonomi bangsa Indonesia, modal pentingnya adalah harga diri dan martabat bangsa untuk motivasi kuat tekad memperbaiki nasib dengan mengandalkan kekuatan sendiri.

  • Posisi geografik negara

Di dalam posisi geografik di anatranya terdapat:

  1. Sumber daya alam tertentu
  2. Skala prioritas pembangunan ekonomi yang harus dipertimbangkan
  3. Jenis masalah yang diperhitungkan
  4. Akses sumber ekonomi yang dibutuhkan, tetapi berada di luar batas wilayah negara kita

Baca juga: Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan

  • Kekayaan alam

Keberhasilan pembangunan ekonomi yang telah dicapai Indonesia selama ini tidak lepas dari dukungan sumber daya alam yang dimiliki, yang menjadi modal dasar pembangunan nasional.

  • Faktor rohaniah

Mental dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa menjadi kekuatan utama untuk sumber inspirasi. Faktor penting menjadi moralitas pendukung terlaksananya pembangunan ekonomi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X