Kompas.com - 17/02/2021, 17:24 WIB
Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengadakan the 76th Meeting of the ASEAN Committee on Science, Technology and Innovation (COSTI-76) and other Related Meetings selama lima hari kerja dari Senin, 24 Juni hingga Jumat, 28 Juni 2019 di Inaya Putri Bali Hotel, Nusa Dua, Bali. Dok. Tim Publikasi dan Dokumentasi BKKP KemenristekdiktiPemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengadakan the 76th Meeting of the ASEAN Committee on Science, Technology and Innovation (COSTI-76) and other Related Meetings selama lima hari kerja dari Senin, 24 Juni hingga Jumat, 28 Juni 2019 di Inaya Putri Bali Hotel, Nusa Dua, Bali.

KOMPAS.com - ASEAN COST atau ASEAN Committee on Science and Technology merupakan salah satu bentuk kerja sama ASEAN di bidang sains dan teknologi atau IPTEK.

Kini, ASEAN COST bernama ASEAN COSTI (Committee on Science, Technology, and Inovation).

ASEAN COST didirikan pada 1978. Namun, program kerja sama ini sudah dicetuskan dalam pertemuan Ad-hoc Committee on Science and Technology di Jakarta, pada 27-29 April 1970.

Mengutip dari ASEAN Selayang Pandang (2017) yang diterbitkan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, dikatakan jika pada 1971 bentuk kerja sama di bidang sains dan teknologi ini dinamai ASEAN Permanent Committee on Science and Technology (PCOST). Kemudian pada 1978, menjadi ASEAN Committee on Science and Technology (COST).

Dalam situs Sekretariat Nasional ASEAN - Indonesia, disebutkan jika pertemuan ASEAN COST ini rutin diadakan dua kali dalam setahun. Jalinan kerja sama ASEAN ini mengacu pada ASEAN Plan of Action on Science, Technology and Innovation (APASTI).

Baca juga: Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Pendidikan

Sebagai salah satu bentuk kerja sama di bidang sains dan teknologi, tentu ada beberapa tujuan yang diharapkan dari ASEAN COST. Tujuan tersebut diantaranya:

  1. Memperkenalkan serta mengoptimalkan kerja sama dalam bidang sains
  2. Menghasilkan serta mengembangkan tenaga ahli dan tenaga kerja dalam bidang sains serta teknologi di kawasan ASEAN
  3. Memberikan fasilitas serta meningkatkan transfer perkembangan sains dan teknologi antar negara anggota ASEAN serta dari negara maju ke negara ASEAN
  4. Mendukung serta memberi bantuan dalam penerapan hasil penelitian dan penggunaan sumber daya alam yang lebih efektif di kawasan ASEAN
  5. Mendukung penerapan program ASEAN

ASEAN COST semula berada di bawah naungan bidang sosial dan budaya. Namun, sejak 2016, COST dipindah ke bawah naungan bidang ekonomi. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian negara ASEAN yang perlu dibantu dengan bidang sains, teknologi serta inovasi.

Exchange Programme for Young ASEAN Officials di bawah Sakura Science Plan merupakan salah satu hasil nyata ASEAN COST.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X