Kompas.com - 17/02/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi berbagai jenis kais ulos khas Batak Dok. SHUTTERSTOCK/HUTAMA LIMARTAIlustrasi berbagai jenis kais ulos khas Batak

KOMPAS.com - Seni rupa merupakan cabang seni yang bisa dilihat secara langsung menggunakan indra penglihatan dan dapat dirasakan menggunakan indra peraba.

Indonesia memiliki ragam seni rupa daerah. Jenis seni rupa ini berbeda dengan seni rupa pada umumnya, karena mayoritas corak yang ditonjolkan dalam seni rupa daerah lebih bersifat tradisional.

Ciri dan Fungsi Karya Seni Rupa Daerah

Menurut Iwan Kuswidi dan Munnal Hani'ah dalam Tokcer Lolos Penilaian Ulangan Harian Kelas V SD/MI (2019), karya seni rupa daerah memiliki enam ciri-ciri, yaitu:

  1. Karya seni rupa daerah bersifat kedaerahan
  2. Karya seni rupa daerah dipengaruhi oleh budaya serta sejarah suatu daerah
  3. Corak dalam karya seni rupa daerah dipengaruhi oleh kondisi geografis suatu daerah serta corak seni tradisional di masyarakat
  4. Umumnya corak yang digunakan mengandung unsur atau makna tertentu
  5. Umumnya dibuat dari bahan alam yang bisa didapat daerah sekitarnya
  6. Sering digunakan dalam upacara adat, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Karya seni rupa daerah memiliki dua fungsi, yakni fungsi individual serta fungsi sosial. Berikut penjelasannya:

Fungsi individual 

Karya seni rupa daerah berfungsi sebagai wadah ekspresi atau luapan emosi. Selain itu, seni rupa daerah juga dapat mencerminkan segala sesuatu yang berkaitan dengan jiwa atau perasaan seseorang.

Baca juga: Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Fungsi sosial 

Karya seni rupa daerah berfungsi sebagai:

  1. Sarana pendidikan
    Seni rupa daerah membuat penikmatnya mempelajari sesuatu yang berkaitan seni rupa tersebut. Contohnya sejarah atau hal lainnya.
  2. Sarana hiburan
    Seni rupa daerah bisa menghibur penikmatnya. Contohnya setelah melihat karya seni rupa daerah, perasaan menjadi lebih gembira.
  3. Sarana komunikasi
    Seni rupa daerah juga bisa menjadi sarana komunikasi antara pembuatnya dengan penikmat karya seni tersebut. Contohnya tentang makna pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat karya seni kepada penikmatnya.
  4. Sarana keagamaan
    Seni rupa daerah juga digunakan sebagai sarana keagamaan. Contohnya sebagai alat penunjang dalam ibadah atau menjalankan ritual.

 

Pahatan berbentuk buaya dari suku kamoroKompas.com/Wisnubrata Pahatan berbentuk buaya dari suku kamoro
Ragam Karya Seni Rupa Daerah

Ada tiga ragam karya seni rupa daerah di Indonesia, yakni seni pahat, seni lukis serta seni kriya. Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X