Kompas.com - 14/02/2021, 21:02 WIB
Untuk mengenang WR Supratman, penggubah lagu Indonesia Raya, dibangun sebuah monumen di depan rumah tempat wafatnya di Jl Mangga 21 Tambaksari, Surabaya. KOMPAS/RIZA FATHONIUntuk mengenang WR Supratman, penggubah lagu Indonesia Raya, dibangun sebuah monumen di depan rumah tempat wafatnya di Jl Mangga 21 Tambaksari, Surabaya.

KOMPAS.com - Lagu Indonesia Raya ciptaan W.R Supratman diakui sebagai lagu Kebangsaan Indonesia pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928.

Lagu Indonesia Raya pertama kali diperkenalkan W.R Supratman pada saat Kongres Pemuda II dan menjadi tanda lehairan pergerakan nasionalisme di seluruh nusantara.

Lalu siapakah W.R Supartman?

Dilansir dari situs resmi Museum Sumpah Pemuda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wager Rudolf (W.R) Supratman lahir pada 19 Maret 1903 di Desan Somongarui, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

W.R Supratman memiliki lima orang saudara, salah satunya Roekijem. Tiga bulan setelah WR Supratman lahir, orangtuanya membawanya ke Jatinegara.

Baca juga: Biografi Mohammad Hatta, Wakil Presiden Indonesia Pertama

Ayahnya, Sersan Jumeno Senen, sebagai seorang tentara KNIL segera mencatatkan kelahiran anaknya di Jatinegara, untuk kemudahan pencatatan sipil.

Sehingga sampai sekarang banyak yang menuliskan bahwa tempat kelahiran W.R Supratman di Jatinegara.

Pendidikan

Pendidikan Supratman berawal di Frobekschool (sekolah taman kanak-kanak) di Jakarta pada 1907, di usianya empat tahun.

Setelah lulus, W.R Supratman tinggal bersama kakanya Roekijem dan melanjutkan sekolah di Makassar.

Dirinya melanjutkan pendidikan di Tweede Inlandscheschool atau Sekolah Angka Dua dan lulus di tahun 1917.

Baca juga: Biografi Sisingamangaraja XII, Pahlawan dari Sumatera Utara

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X