Myanmar, Satu-satunya Negara Asia Tenggara yang Punya Iklim Subtropis

Kompas.com - 05/02/2021, 18:08 WIB
Balon Terbang di Bagan, Myanmar. ShutterstockBalon Terbang di Bagan, Myanmar.

KOMPAS.com - Myanmar adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang beriklim subtropis. Hal ini dipengaruhi oleh posisi geografis dan posisi lintang negara Myanmar.

Myanmar bagian selatan memiliki iklim tropis. Myanmar bagian utara beriklim subtropis. Sedangkan Myanmar yang terletak di sekitar khatulistiwa, iklimnya dipengaruhi angin musim.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, iklim di Myanmar dipengaruhi oleh angin monsun, sehingga iklimnya sering disebut sebagai iklim monsun atau monsoon climate.

Massa udara dingin dari Asia Tengah membawa salju ke arah pegunungan utara di Myanmar, selama kurang lebih dua bulan dalam setahun.

Angin ini terjebak di pegunungan sehingga tidak bisa bergerak ke arah selatan. Hal inilah yang menyebabkan iklim di Myanmar dipengaruhi oleh angin monsun.

Baca juga: Faktor Iklim yang Mempengaruhi Interaksi Antarruang Negara ASEAN

Secara garis besar, Myanmar memiliki tiga musim. Hal ini berbeda dengan negara lainnya di Asia Tenggara yang hanya memiliki dua jenis musim.

  1. Musim kemarau yang sejuk namun relatif kering. Biasanya musim ini muncul pada akhir Oktober hingga pertengahan Februari. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim timur laut.
  2. Musim kemarau yang panas dan kering. Biasanya musim ini muncul pada pertengahan Februari hingga pertengahan Mei. 
  3. Musim hujan. Biasanya musim ini muncul pada pertengahan Mei hingga akhir Oktober. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim barat daya.

Untuk suhu di Myanmar sebenarnya tidak berbeda jauh dengan negara Asia Tenggara lainnya. Karena Myanmar masih termasuk dalam negara tropis, sehingga perbedaan suhu tidak terlalu mencolok.

Profil negara Myanmar

Dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu.go.id), dahulu Myanmar dikenal sebagai Suvannabhumi atau The Golden Land.

Kekayaan sumber daya alam yang beragam serta keberagaman suku di Myanmar, membuat negara ini hingga sekarang dijuluki sebagai The Golden Land.

Posisi Myanmar tergolong strategis yakni di posisi lintang 9.30 N serta 28.30 N dan garis bujur 92.10 E dan 101.E. Posisi ini membuat Myanmar berbatasan langsung dengan Bangladesh, Cina, Laos, India serta Thailand.

Dilansir dari situs Direktorat Politik dan Komunikasi Bappenas, berikut adalah profil negara Myanmar:

  1. Nama resmi: Pyidaungzu Myanma Naingngandaw (jika diterjemahkan bisa disebut sebagai Kesatuan Myanmar)
  2. Ibu kota: Naypidaw
  3. Hari kemerdekaan: 4 Januari
  4. Bahasa nasional: Bahasa Myanmar
  5. Kepala Negara: Presiden
  6. Kepala Pemerintahan: Presiden
  7. Bentuk Pemerintahan: Republik

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X