Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teks Negosiasi: Tujuan, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan

Kompas.com - 04/02/2021, 15:16 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teks negosiasi adalah teks yang memuat interaksi sosial antar manusia yang memiliki kepentingan serta persepsi berbeda, digunakan untuk mencapai keputusan bersama.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teks negosiasi bisa juga dikatakan sebagai proses untuk membuat dan mencapai perjanjian atau kesepakatan.

Secara garis besar, proses utama dalam teks negosiasi adalah memberi serta menerima pendapat agar antar kedua belah pihak bisa mencapai kesepakatan bersama.

Teks negosiasi memiliki tujuan dan fungsinya. Apa sajakah itu?

Tujuan teks negosiasi

Menurut Tomi Rianto dalam Buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia (2019), teks negosiasi memiliki beberapa tujuan dalam penerapannya, yaitu:

  1. Untuk mencapai tujuan bersama
    Teks negosiasi digunakan agar tujuan antar kedua belah pihak dapat tercapai. Sehingga harapannya kedua belah pihak sama-sama merasa puas atas tujuan tersebut.
  2. Untuk mencapai kata sepakat
    Teks negosiasi digunakan dan ditujukan untuk mencapai kata sepakat antar kedua pihak yang sedang bernegosiasi. Ketika mencapai kata sepakat, maka tujuan keduanya sama-sama bisa tercapai.
  3. Untuk menyelesaikan masalah
    Teks negosiasi digunakan untuk menyelesaikan masalah. Berbagai permasalahan bisa diselesaikan lewat diskusi bersama, salah satu contohnya lewat negosiasi.
  4. Untuk melakukan interaksi sosial
    Teks negosiasi digunakan dan ditujukan untuk melakukan interaksi sosial antar manusia. Karena manusia adalah makhluk sosial.

Baca juga: Teks Negosiasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur

Fungsi teks negosiasi

Teks negosiasi memiliki fungsi utama, yakni untuk memastikan atau menetapkan keputusan dari berbagai pihak yang memiliki kepentingan berbeda.

Selain itu, teks negosiasi juga berfungsi untuk mencari serta menentukan jalan keluar penyelesaian masalah tanpa harus merugikan berbagai pihak.

Fungsi lain dari teks negosiasi, yaitu agar berbagai pihak yang terlibat berada dalam posisi yang menguntungkan dan tidak ada yang merasa dirugikan.

Kaidah kebahasaan dalam teks negosiasi

Tujuan dari teks negosiasi adalah untuk mencapai kata sepakat antar berbagai pihak. Maka dari itu, kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks ini berbeda dengan teks lainnya. Berikut adalah beberapa ketentuan tentang kaidah kebahasaan dalam teks negosiasi:

  1. Bahasanya bersifat persuasif dan sopan
  2. Bahasanya memuat unsur memerintah serta memenuhi perintah
  3. Bahasanya memuat unsur kalimat deklaratif (pernyataan singkat dan jelas)
  4. Bahasanya menggunakan kalimat efektif, kalimat langsung, konjungsi serta pronomina
  5. Bahasanya memuat unsur perkataan atau kalimat sepakat atau tidak sepakat
  6. Bahasanya mengandung unsur perbandingan. 

Baca juga: Teks Negosiasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com