Kompas.com - 29/01/2021, 15:11 WIB
Ilustrasi planet Jupiter adalah objek terbesar kedua di Tata Surya, setelah Matahari. Jupiter sering disebut bintang gagal, karena berdasarkan massa, memiliki kesamaan komposisi dengan Matahari. SHUTTERSTOCK/Vadim SadovskiIlustrasi planet Jupiter adalah objek terbesar kedua di Tata Surya, setelah Matahari. Jupiter sering disebut bintang gagal, karena berdasarkan massa, memiliki kesamaan komposisi dengan Matahari.

KOMPAS.com - Planet di tata surya memiliki satelit yang mengelilinginya. Seperti bulan yang merupakan satelit alami bumi.

Namun di tata surya kita, ada dua planet yang tidak memiliki satelit alami yakni Merkurius dan Venus. Mengapa begitu?

Dikutip dari situs National Aeronautics and Space Administration (NASA), ada alasan khusus yang mendasari mengapa dua planet ini tidak memiliki satelit alami.

Planet Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Kira-kira jaraknya 57,9 juta km dari matahari.

Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari, hal ini membuat gaya gravitasi matahari lebih tinggi dibanding gaya gravitasi planet Merkurius.

Baca juga: Mengapa Bulan Disebut Sebagai Satelit Alami Bumi?

Gaya gravitasi matahari yang lebih besar dibanding planet Merkurius ini menyebabkan tidak adanya satelit alami yang bisa mengorbit dan stabil selama bertahun-tahun di sekitar planet Merkurius.

Sedangkan untuk planet Venus yang tidak memiliki satelit alami, salah satu alasannya juga dikarenakan jarak yang cukup dekat dengan matahari.

Selain itu, adanya perubahan rotasi dari planet Venus juga berpengaruh pada hal ini. Menurut teori yang beredar, dahulu ada sebuah satelit alami yang bergerak memutari planet Venus.

Namun, karena adanya benturan satelit tersebut pecah menjadi beberapa bagian. Kemudian terjadi benturan lagi yang menyebabkan arah rotasi planet Venus berubah. Hal inilah yang menyebabkan mengapa planet Venus tidak memiliki satelit alami.


Sumber NASA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X