Persamaan Arrhenius

Kompas.com - 28/01/2021, 19:35 WIB
Svante Arrhenius Svante Arrhenius

KOMPAS.com - Salah satu faktor yang dapat mempercepat laju reaksi adalah peningkatan suhu. Ketergantungan laju reaksi pada suhu dijelaskan dalam suatu persamaan yang disebut dengan persamaan Arrhenius.

Dilansir dari Chemistry LibreText, persamaan Arrhenius dirumuskan oleh seorang ahli kimia asal Swedia bernama Svante Arrhenius pada tahun 1899. Arrhenius menjelaskan bahwa suhu dapat menambah kecepatan laju dalam reaksi kimia apapun dengan persamaan sebagai berikut:

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Persamaan Arrhenius

Untuk dapat memahami persamaan Arrhenius, kita lupakan dulu nilai A dan fokus pada fungsi eksponensial. Eksponensial adalah fungsi peluruhan, dalam persamaan tersebut yang meluruh adalah rasio energi aktivasi (Ea) terhadap energi kinetic rata-rata reaksi (RT).

Dilansir dari Chemguide, energi aktivasi adalah energi minimum yang diperlukan agar reaksi dapat terjadi. Jika suhu tinggi, maka rasio perbandingan Ea:RT akan semakin kecil sehingga memberikan nilai konstanta laju reaksi yang lebih besar.

Baca juga: Soal UAS Kimia: Konsep Laju Reaksi

Hal ini disebabkan oleh semakin tinggi suhu, maka nilai eksponensialnya akan mendekati satu yang berarti semua partikel memiliki energi yang cukup untuk bereaksi.

Namun jika suhunnya diturunkan, nilai energi aktivasi akan tetap besar sehingga nilai eksponensialnya mendekati nol. Hal ini berarti partikel-partikel tidak memiliki energi yang cukup untuk bereaksi dan reaksi tidak terjadi.

Nilai A adalah faktor pra-eksponensial yang menunjukkan frekuensi tumbukan antar molekul dalam menghasilkan energi yang cukup untuk memulai reaksi kimia. Namun faktor A dapat dilhilangkan dengan mengubah persamaan ke bentuk logaritmik sebagai berikut:

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Bentuk logaritmik dari persamaan Arrhenius

Persamaan Arrhenius tersebut akan lebih mudah diselesaikan dengan aljabar, dibandingkan harus mencari faktor A. Dengan persamaan tersebut juga kita bisa mengetahui perubahan laju reaksi pada dua suhu yang berbeda.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X