Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-Macam Sandi Pramuka

Kompas.com - 28/01/2021, 15:51 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pramuka atau Praja Muda Karana merupakan organisasi pembinaan untuk pemuda dan pemudi. Selain pembinaan, pramuka juga melatih anggotanya untuk melakukan berbagai keterampilan.

Salah satu materi penting dalam pramuka adalah pembelajaran tentang sandi pramuka. Tahukah kamu apa itu sandi pramuka?

Dalam Buku Mengenal Gerakan Pramuka (2020), sandi pramuka merupakan salah satu pelatihan ketelitian, daya ingat, konsentrasi serta kecerdasan. 

Pembelajaran sandi pramuka ini ditujukan untuk pramuka siaga, pramuka penggalang serta pramuka pandega. Sandi pramuka tidaklah harus baku karena disesuaikan dengan kondisi, nama, cara penyampaian serta jenis yang berbeda di setiap daerah.

Mengutip dari Scout Book Mini: Materi Lengkap Pramuka (2014), berikut enam jenis sandi pramuka:

  • Sandi angka 

Sesuai dengan namanya, sandi ini digunakan dengan cara mengurutkan angka mulai dari 1 hingga angka berikutnya. Pengurutan angka ini harus disesuaikan dengan urutan abjad.

Contohnya adalah A= 1, B= 2, C= 3, D= 4, E,= 5, dan seterusnya hingga urutan angka ke-26 untuk huruf abjad Z.

Baca juga: Sebutan Pramuka di Berbagai Negara

  • Sandi kurung 

Sesuai dengan namanya, sandi ini menggunakan simbol tanda kurung. Jumlah penggunaan tanda kurungnya juga bisa bertambah.

Khusus untuk abjad A hingga C hanya menggunakan simbol tanda kurung saja. Namun, untuk abjad berikutnya tanda kurung harus ditambah dengan angka mulai dari 1 hingga 8. Jika urutan angka sudah mencapai angka 8, maka jumlah tanda kurung ditambah.

Contohnya adalah A = ( , B = (( , C = ((( , D = (1, E = (2, O = ((4 , Z = (((7 , dan seterusnya.

  • Sandi Napoleon 

Sandi ini tidak hubungannya dengan tokoh Napoleon. Sandi ini dibaca dengan cara zigzag atau acak. Misalnya dari atas turun ke bawah lalu naik ke atas dan seterusnya.

  • Sandi Irian 

Sandi ini dibaca mulai dari urutan huruf yang paling berlakang lalu mengarah ke depan. Contohnya adalah ANARAK ADUM AJARP, dibaca Praja Muda Karana.

  • Sandi kata

Sandi ini dibaca dengan menghilangkan atau tidak membaca huruf AND. Contohnya adalah RANDA MANDU. Huruf AND dihilangkan, maka dibaca RAMU.

  • Sandi koordinat 

Sandi ini dibaca dengan mengurutkan antar angka yang saling berkaitan. Misalnya untuk membentuk huruf A, maka sandi koordinatnya adalah 1:1. Huruf B 2:1, huruf C 3:1, huruf D 4:1, huruf E 5:1, dan seterusnya.

Angka yang digunakan dalam sandi koordinat ini terbatas, yakni hanya dari angka satu hingga angka 5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com