Menentukan Pasangan Asam Basa Konjugasi

Kompas.com - 21/01/2021, 17:29 WIB
Ilustrasi larutan FREEPIK/I7DOIlustrasi larutan

KOMPAS.com - Asam dan basa. Keduanya adalah sifat dari zat yang ada di sekitar kita. Zat dengan sifat asam dan zat dengan sifat basa dapat berpasangan dan disebut dengan pasangan asam basa konjugasi.

Untuk mengetahui apa arti dari pasangan asam basa konjugasi, kita harus memahami teori Asam Basa Bronsted-Lowry.

Teori Asam Basa Bronsted-Lowry

Pada tahun 1923 JM Bronsted dan TM lowry mengemukaan teori tentang asam basa konjugasi. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, keduanya mengungkapkan bahwa asam memiliki kecenderungan untuk kehilangan proton, dan basa memiliki kecenderungan untuk menangkap proton.

Asam yang telah melepaskan atau mendonorkan protonnya disebut sebagai basa konjugasi. Sedangkan basa yang telah menerima atau menangkap proton dari asam, disebut sebagai asam konjugasi. Dan keduanya disebut dengan pasangan asam basa konjugasi.

Agar lebih memahami teori Bronsted-Lowry tentang asam basa konjugasi, marilah kita bahas soal berikut ini!

Baca juga: Larutan Asam, Basa dan Garam

Soal:

Tentukan pasangan asam basa konjugasi pada persamaan kimia berikut!
H2O(l) + NH3(aq) → OH-(aq) + NH4+(aq)

Jawaban:

Persamaan kimia menunjukkan air (H2O) yang bereaksi dengan ammonia (NH3). Air bertindak sebagai asam dimana air akan melepaskan proton (H+) yang kemudian ditangkap oleh ammonia.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pasangan asam basa konjugasi air dan amonia

Dari gambar terlihat bahwa air yang telah melepaskan proton berubahn menjadi basa konjugasi OH-. Dan ammonia (NH3) yang telah menerima donor proton berubah menjadi asam konjugasi NH4+. Sehingga pasangan asam basa konjugasinya adalah H2O dan NH3, juga OH- dan NH4+.

Kita dapat menentukan mana asam konjugasi mana basa konjugasi dari reaksi kimianya. Jika melepas H+ berarti basa konjugasi, dan jika menerima H+ berarti asam konjugasi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X