Sunan Kudus, Menghormati Ajaran Hindu

Kompas.com - 21/01/2021, 15:50 WIB
Sunan Kudus Sunan Kudus

KOMPAS.com - Sunan Kudus dilahirkan sekitar tahun 1400 Masehi. Sewaktu dilahirkan, Sunan Kudus diberi nama Jaffar Shadiq atau Sayyid Ja'far Shadiq Asmatkhan.

Sewaktu kecil, ia sering dipanggil Raden Undung. Sunan Kudus juga pernah dipanggil sebagai Raden Amir Haji, karena sewaktu naik haji ia bertindak selayaknya amir atau pimpinan rombongan.

Sunan Kudus adalah putra dari Sunan Ngundung atau Raden Isman Haji dan Syarifah Ruhul atau Dewi Ruhil yang memiliki gelar Nyai Anom Manyuran binti Nyai Ageng Melaka binti Sunan Ampel.

Ayah Sunan Kudus, yakni Sunan Ngundung adalah salah satu tokoh penyebaran agama Islam di daerah Jipang, Panolan, serta Blora).

Sunan Ngundung merupakan panglima Kesultanan Demak Bintoro. Sedangkan istrinya, Syarifah Ruhul merupakan adik Sunan Bonang.

Mendatangkan sapi

Mengutip dari Buku Mengenal Sembilan Wali (Wali Sanga) (2018) karya Susilarini, disebutkan jika Sunan Kudus pernah memegang peran sebagai panglima perang untuk Kerajaan Demak.

Tidak hanya itu, Sunan Kudus juga pernah menjabat sebagai hakim pengadilan di Kerajaan Demak serta penasihat Arya Penangsang.

Cara berdakwah Sunan Kudus tergolong unik, karena menggunakan sapi untuk menarik perhatian warga agar mau datang mendengarkan dakwahnya. 

Baca juga: Sunan Drajat, Mengajarkan Catur Piwulang

Dalam Buku Sunan Kudus (Ja'far Shadiq) karya Yoyok Rahayu Basuki, diceritakan jika suatu hari Sunan Kudus membeli sapi yang pernah disebut sebagai kebo gumarang.

Sapi itu didatangkan dari India oleh pedagang asing menggunakan kapal besar. Oleh Sunan Kudus, sapi itu dipelihara di pekarangan rumahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X