Seni Kolase dan Caranya

Kompas.com - 21/01/2021, 14:58 WIB
Karya seni kolase buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) oleh Sofyan Salam Karya seni kolase

KOMPAS.com - Seni kolase termasuk salah satu karya seni rupa yang dibuat dengan teknik tempel. Kolase berasal dari bahasa Perancis coller yang artinya mengelem.

Dalam buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) oleh Sofyan Salam dan teman-teman, seni kolase adalah jenis karya seni rupa yang dibuat dengan menempel potongan, pecahan, atau kepingan material yang dimanfaatkan sebagai bagian dari bentuk yang digambarkan.

Kepingan material yang dimaksud dapat berupa, kertas, kaca, tegel, kerang, kulit kayu, dedaunan, dan lainnya.

Potongan, pecahan, atau kepingan tidak hanya diperlukan sebagai bahan pewarna seperti pada mosaik, tetapi juga sebagai bagian dari bentuk yang ingin ditampilkan dengan ukuran yang tidak perlu sama untuk setiap bagian.

Baca juga: Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Pada kolase, potongan, pecahan, atau kepingan material yang juga biasanya dari benda bekas dapat langsung ditempelkan menjadi bagian dari obyek yang akan digambarkan.

Umumnya kolase menggunakan potongan kertas, namun bahan lainnya juga bisa dimanfaatkan, seperti halaman majalah, halaman koran, pita, potongan kain, dan foto.

Kolase juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk membuat karya seni rupa.

Cara membuat kolase

Dilansir dari buku Membuat Kolase (2005) karya Sue Nicholson, cara membuat kolase dengan bahan kain, kertas, maupun yang lainnya memiliki dasar yang sama, sebagai berikut:

  • Melipat, jika mengguankan kertas atau kain bisa dengan melipatnya sesuai bentuk yang diinginkan. Kemudian dilem atau dijahit.
  • Meremas, untuk membentuk kolase dengan efek 3 dimensi dapat meremas kertas atau kain kemudian di lem. Remaslah sesuai dengan bentuk yang diinginkan, misalnya ilustrasi bunga-bunga di pohon.
  • Memilin, untuk membuat bentuk-bentuk gulungan atau memberikan rambut pada gambar kolase, bisa dengan memilin kain atau kertas dan di lem.
  • Menganyam, anayamlah berbagai warna dan jenis kain atau kertas menjadi satu untaian yang tebal.
  • Menggunting, guntung atau lubangi kain dan kertas menjadi suatu bentuk tertentu dan tempelkan pada bahan lainnya.

Baca juga: Gaya atau Corak Karya Seni Rupa Murni Indonesia

Membuat kolase dari kainbuku Membuat Kolase (2005) karya Sue Nicholson Membuat kolase dari kain
Membuat kolase dari kain

Membuat kolase dari kain bisa memanfaatkan kain-kain perca yang sudah tidak digunakan atau baju sendiri yang sudah tua dan tidak pernah dipakai.

Siapkan hal-hal berikut:

  • Kain perca
  • Jarum dan benang (untuk membuat bentuk kain lebih rapi)
  • Kain atau karton tebal untuk media tempel
  • Lem

Cara membuat:

  1. Gambarlah sketsa gambar di atas karton tebal
  2. Guntinglah kain sesuai dengan bentuk sketsa gambar. Minta bantuan orangtua untuk menjahit pola agar sesuai dan rapi.
  3. Susunlah bentuk-bentuk kain tersebut di atas karton dengan komposisi yang menarik
  4. Berilah sedikit lem pada bagian bawah setiap bentuk, lalu ditempel!

Baca juga: Perkembangan Seni Rupa Murni Indonesia

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X