Rumah Betang, Rumah Adat Kalimantan Tengah

Kompas.com - 21/01/2021, 13:30 WIB
Rumah Betang Panjang Kedungkang yang akan menjadi tempat menginap peserta Bersepeda di Jantung Borneo yang akan diselenggarakan pada 28 Oktober 2017. Arsip West Borneo Tourism AssociationRumah Betang Panjang Kedungkang yang akan menjadi tempat menginap peserta Bersepeda di Jantung Borneo yang akan diselenggarakan pada 28 Oktober 2017.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Rumah adat Betang merupakan salah salah rumah khas di Pulau Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

Sama halnya dengan rumah Radakng atau rumah Panjang di Pontianak, Kalimantan Barat, rumah Betang juga merupakan tempat tinggal masyarakat Dayak.

Rumah Betang banyak tersebar di daerah hulu sungai yang menjadi tempat tinggal kebanyakan suku Dayak.

Dikutip dari buku Suku Bangsa Dunia dan Kebudayaannya (2013) karya Pram, rumah Betang adalah rumah adat khas Kalimantan yang terdapat di berbagai penjuru Kalimantan, terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat pemukiman suku Dayak.

Bentuk rumah Betang

Bentuk dan ukuran rumah Betang bervariasi di berbagai tempat. Ada rumah Betang yang mencapai panjang 150 meter dan lebar hingga 30 meter.

Baca juga: Rumah Panjang, Rumah Adat Provinsi Kalimantan Barat

Umumnya rumah Betang dibangun berbentuk panggung dengan ketinggian tiga hingga lima meter dari permukaan tanah.

Tingginya bangunan rumah Betang tersebut untuk menghindari datangnya banjir pada musim penghujan yang mengancam daerah-daerah di hulu sungai di Kalimantan.

Beberapa unit pemukiman bisa memiliki rumah Betang lebih dari satu buah, tergantung dari besarnya rumah tangga anggota komunitas hunian tersebut.

Setiap rumah tangga (keluarga) menempati bilik (ruangan) yang disekat-sekat dari rumah Betang yang besar tersebut.

Keunikan rumah Betang

Hampir semua bangunan Rumah Betang terbuat dari kayu yang kuat dan tergolong tahan lama, tidak mudah rapuh.

Baca juga: Sejarah Suku Tidung, Kerabat Suku Dayak

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X