Apakah yang Akan Akan Terjadi pada Daerah yang Tidak Subur?

Kompas.com - 19/01/2021, 18:17 WIB
Ilustrasi padang pasir Gurun Sahara yang tandus, gersang dan panas. Sergey PesterevIlustrasi padang pasir Gurun Sahara yang tandus, gersang dan panas.

KOMPAS.com - Kesuburan tanah pada suatu daerah sangatlah mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup di daerah tersebut.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, kesuburan tanah adalah kualitas atau kesediaan tanah dalam menyediakan senyawa yang dapt mendorong pertumbuhan tumbuhan.

Daerah dengan tanah yang subur dapat menjadi tempat tumbuh tanaman yang baik. Namun bagaimana jika suatu daerah tidak memiliki tanah yang subur? Untuk mengetahuinya marilah kita simak penjelasan berikut ini!

  • Berkurangnya Tumbuhan

Tidak suburnya tanah suatu daerah berarti tanah tersebut tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk dapat hidup.

Hal ini membuat tumbuhan tidak bisa hidup pada daerah tersebut sehingga daerah menjadi gersang tanpa ditumbuhan tumbuhan.

Baca juga: Contoh Tumbuhan Hidrofit dan Cara Adaptasinya

  • Berkurangnya Hewan

Tidak adanya tumbuhan pada tanah tidak subur, berarti berkurangnya sumber makanan bagi beberapa hewan. Hewan pemamah biak seperti sapi, kambing, dan domba tidak dapat hidup pada daerah tersebut karena rumput tidak tumbuh pada tanah yang tidak subur.

Begitu juga dengan berbagai jenis serangga pemakan tumbuhan akan turut menghilang akibat tidak adanya tumbuhan.

Dilansir dari Everythings Connects, hal ini sangat memngaruhi rantai makanan karena tanpa adanya tumbuhan, hewan pemakan tumbuhan tidak bisa hidup.

Tanpa adanya hewan pemakan tumbuhan, predator lainnya juga tidak bisa hidup. Sehingga daerah tersebut akan menjadi daerah gersang tanpa adanya hewan dan tumbuhan.

  • Berkurangnya Persediaan Makanan Manusia

Manusia hidup dengan memakan hewan maupun tumbuhan. Jika suatu daerah yang tidak subur tidak dapat menyediakan makanan, maka manusia juga tidak bisa bertahan hidup.

Jika terus-menerus hidup dalam derah tidak subur, manusia dapat mengalami kelaparan seperti yang sering terjadi pada penduduk di daerah Afrika.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X