Jenis dan Karakteristik Kerajinan Tekstil

Kompas.com - 19/01/2021, 16:13 WIB
Iwan Setiyawan saat membatik, menyelesaikan satu lagi pesanan baju batik Raja Belanda KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAIwan Setiyawan saat membatik, menyelesaikan satu lagi pesanan baju batik Raja Belanda

KOMPAS.com - Siapa yang tidak tahu tekstil? Tekstil merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan pakaian yang kita gunakan setiap hari.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tekstil merupakan salah satu bahan yang terbuat dari serat dan kemudian diolah menjadi benang.

Tekstil bisa dirajut atau ditenun untuk menjadi kain, yang menjadi bahan utama pembuatan pakaian. Namun, ternyata tekstil bisa diolah menjadi kerajinan yang bernilai seni.

Kerajinan tekstil bisa dibuat secara manual (dengan tangan) atau menggunakan alat bantu. Jika diolah menjadi kerajinan, tekstil bisa diolah menjadi berbagai jenis kerajinan.

Apa sajakah itu? Kerajinan tekstil memiliki lima jenis kerajinan, yakni:

Kerajinan batik

Kerajinan batik bisa dibuat dengan menggunakan tinta ataupun dengan cara modern yakni menggunakan mesin. Untuk proses pembuatan batik menggunakan tinta biasanya  terbuat dari lilin atau malam yang sudah dicairkan terlebih dahulu.

Kemudian proses menggambar motifnya menggunakan canting. Sedangkan untuk cara modern, biasanya motif pada batik dihasilkan dari cap.

Baca juga: Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Kerajinan sulam

Seorang wanita di desa menyulam selembar kain di sela kegiatan rumah tangganya. Berbekal kertas bergambar motif, jarum, dan midangan, proses sulam karawo dilakukan pada selembar kain.KOMPAS.COM/ROSYID A AZHAR Seorang wanita di desa menyulam selembar kain di sela kegiatan rumah tangganya. Berbekal kertas bergambar motif, jarum, dan midangan, proses sulam karawo dilakukan pada selembar kain.
Kerajinan sulam dilakukan dengan menyulam pada kain dengan benang serta jarum. Umumnya kerajinan ini sering ditemui pada hiasan dalam bentuk bordir pada pakaian.

Karena biasanya kerajinan sulam memang digunakan untuk memberi motif tertentu agar semakin indah. 

Kerajinan jahit kain perca

Ratna Meldia memperlihatkan karya jahitannya berupa kain perca sepanjang dua meter.BBC INDONESIA Ratna Meldia memperlihatkan karya jahitannya berupa kain perca sepanjang dua meter.
Kerajinan jahit kain perca dilakukan dengan menjahit serta menggabungkan kain perca (potongan kain sisa). Kerajinan ini bisa diolah menjadi baju, selimut, boneka dan lain sebagainya.

Halaman:

Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X