Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Kompas.com - 19/01/2021, 15:55 WIB
Seorang wanita di sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga membuat sulaman karawo. Karawo merupakan sulamaan yang sangat rumit, dibuat dengan cara mencabut serat kain sesuai pola, menyulam dengan benang dan mengikatnya. KOMPAS.COM/ROSYID A AZHARSeorang wanita di sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga membuat sulaman karawo. Karawo merupakan sulamaan yang sangat rumit, dibuat dengan cara mencabut serat kain sesuai pola, menyulam dengan benang dan mengikatnya.

KOMPAS.com - Teknik penerapan ragam hias juga bisa diterapkan pada bahan buatan. Salah satu contohnya bahan tekstil.

Penerapan ragam hias pada bahan tekstil juga mudah ditemukan. Salah satu contohnya pakaian bermotif batik.

Beda bahan dasarnya, tentu teknik yang digunakan juga berbeda. Jika pada bahan kayu, penerapan ragam hias bisa dilakukan dengan mengukir, namun tidak dengan bahan tekstil.

Lalu, apa saja teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil?

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada empat teknik penerapan ragam hias yang bisa diterapkan pada bahan tekstil, yaitu:

  • Teknik sulam

Teknik ini diterapkan dengan menggunakan jarum serta benang. Untuk warna serta motifnya bisa flora, fauna, geometris atau figuratif.

Umumnya teknik sulam ini langsung diaplikasikan pada kain yang digunakan. Sedangkan untuk tekniknya bergantung pada apa yang diinginkan.

  • Teknik tenun

Wanita Baduy luar menenun di Kampung Balingbing, Desa Kanekes, Lebak, Banten, Selasa (1/3/2016). Kerajinan kain tenun menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Baduy selain bertani.KRISTIANTO PURNOMO Wanita Baduy luar menenun di Kampung Balingbing, Desa Kanekes, Lebak, Banten, Selasa (1/3/2016). Kerajinan kain tenun menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Baduy selain bertani.
Teknik ini diterapkan dengan cara menggabungkan benang dalam posisi melintang serta memanjang. Sebelum ditenun, tentunya benang ini sudah diberikan warna.

Menenun bisa dilakukan dengan manual atau dengan menggunakan mesin. Untuk motif, tentunya juga akan berpengaruh pada cara menenunnya.

  • Teknik bordir

Koleksi Betty dan Veronica dapat ditemukan di siluet terlaris Keds®, di antaranya adalah: Keds® X Betty and Veronica® Triple Decker Embroidered Profile. Pada versi ini dipamerkan ikon Betty and Veronica® yang dibordir pada siluet Triple Decker. DOKUMENTASI KEDS Koleksi Betty dan Veronica dapat ditemukan di siluet terlaris Keds®, di antaranya adalah: Keds® X Betty and Veronica® Triple Decker Embroidered Profile. Pada versi ini dipamerkan ikon Betty and Veronica® yang dibordir pada siluet Triple Decker.

Secara garis besar, teknik bordir tidak berbeda jauh dengan teknik sulam. Namun, perbedaannya terletak pada peralatan yang digunakan.

Umumnya teknik sulam dilakukan dengan cara manual, yakni menggunakan jarum dan benang. Sedangkan teknik bordir dilakukan dengan menggunakan mesin.

  • Teknik batik

Ilustrasi membatik.DOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi membatik.

Membatik merupakan salah satu teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil. Agar bisa melakukannya, teknik membatik membutuhkan lilin malam yang telah dicairkan serta canting.


Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X