Persiapan Pementasan Pantomim

Kompas.com - 14/01/2021, 17:56 WIB
Yayu Unru sedang beraksi dengan pantomimnya untuk mengenang kepergian Glenn Fredly. Aksi apik Yayu ini diiringi oleh lagu Sekali Ini Saja milik Glenn. Ady Prawira RiandiYayu Unru sedang beraksi dengan pantomimnya untuk mengenang kepergian Glenn Fredly. Aksi apik Yayu ini diiringi oleh lagu Sekali Ini Saja milik Glenn.

KOMPAS.com - Pantomim merupakan salah satu seni pertunjukan drama. Seni pantomim dilakukan dengan menggerakkan tubuh serta membuat wajah seekspresif mungkin.

Seni pantomim sering dipentaskan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Saat menonton pementasan pantomim, banyak orang yang merasa terhibur dengan aksi mime (orang yang melakukan seni pantomim).

Di balik kesuksesannya dalam menghibur penonton, ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Apa sajakah itu?

  • Target penonton 

Mengutip dari blog Susan Elkin, persiapan pertama yang harus dilakukan dalam pementasan pantomim adalah menentukan terlebih dahulu target penonton.

Target penonton atau audience sangatlah penting. Karena akan menentukan jalan cerita, properti, musik dan hal lainnya.

Misalnya jika pementasan pantomim ditargetkan untuk anak-anak, maka setting-nya harus dibuat seramah mungkin untuk tema keluarga dan anak-anak.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Sang Aktor Pantomim Charlie Chaplin Meninggal Dunia

  • Cerita atau kisah yang dibawakan 

Setelah menentukan target penonton, hal lain yang bisa dilakukan adalah membuat rancangan cerita atau drama yang akan dibawakan.

Dilansir dari situs Whats On Stage, umumnya cerita yang dibawakan saat pentas pantomim adalah kisah komedi yang disertai dengan petualangan, drama serta lelucon.

  • Tata rias dan kostum 

Jika sudah menentukan jalan ceritanya, maka selanjutnya adalah menentukan tata rias serta kostum yang akan digunakan.

Pada umumnya tata rias yang digunakan adalah dengan merias wajah menjadi putih dengan bagian mata serta mulut diberikan warna hitam.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X