Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Kompas.com - 14/01/2021, 17:32 WIB
Pelukis sedang mengerjakan sketsa wajah di Bekasi Expo 2017 KOMPAS.com/SRI LESTARIPelukis sedang mengerjakan sketsa wajah di Bekasi Expo 2017

KOMPAS.com - Seni rupa dua dimensi merupakan bentuk karya seni rupa yang digambar di atas permukaan datar serta memiliki ukuran panjang dan lebar tertentu.

Biasanya karya seni rupa dua dimensi digambar di atas kanvas, kertas, papan kayu atau area datar lainnya. Contoh karya seni rupa dua dimensi yang paling mudah ditemui adalah lukisan.

Selain itu, masih ada contoh lainnya dari karya seni rupa dua dimesi. Apa sajakah itu?

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah penjelasan dan contoh karya seni rupa dua dimensi:

Seni gambar

Ragam karya seni gambar membutuhkan area datar untuk melakukannya. Contohnya adalah kertas, ataupun area datar lainnya.

Alat yang bisa digunakan untuk menggambar contohnya adalah spidol atau pensil. Contoh seni gambar adalah menggambar sketsa wajah orang.

Seni lukis

Seorang penjual lukisan dan pembeli di Pasar Seni Sukawati, Bali.SHUTTERSTOCK / Sony Herdiana Seorang penjual lukisan dan pembeli di Pasar Seni Sukawati, Bali.

Sama seperti seni gambar, seni lukis juga dilakukan di atas area yang datar. Misalnya kertas, kanvas, dan area datar lainnya.

Perbedaan antara seni gambar dengan seni lukis terletak pada alat yang digunakan. Jika seni gambar dilakukan dengan pensil atau spidol, seni lukis dilakukan dengan cat air, pisau palet, dan alat lainnya.

Contoh seni lukis adalah lukisan Mona Lisa karya seniman Leonardo da Vinci serta lukisan Starry Night karya seniman Van Gogh.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X