Fungsi Air Bagi Kehidupan

Kompas.com - 11/01/2021, 19:31 WIB
Ilustrasi air Davide Restivo/CC 2.0Ilustrasi air

KOMPAS.com - Air adalah hal yang mendasari kehidupan di Bumi. Para ilmuwan bahkan mengikuti jejak keberadaan air pada planet-planet di luar angkasa untuk mencari kehidupan lain selain Bumi.

Lalu apakah yang membuat air begitu penting bagi kehidupan? Untuk mengatahui jawabannya, simaklah penjelasan di bawah ini tentang fungsi-fungsi dari air!

Air adalah Pelarut Universal

Kehidupan membutuhkan pelarut yang bisa melarutkan berbagai zat. Dilansir dari Harvard University, air merupakan molekul polar yang dapat berikatan dengan polar lain dengan sangat mudah.

Air dapat berikatan dengan zat polar yang asimetris, masuk kedalam ruang antarmolekul dan memecahan ikatannya, lalu melarutkan zat tersebut di dalamnya.

Baca juga: Fungsi Air dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Sifatnya sebagai pelarut universal membuat air dapat membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh makhluk hidup.

Selain itu, air juga membantu mengeluarkan limbah kotoran, keringat, dan racun dari tubuh, juga melarutkan obat agar bisa diserap oleh tubuh yang sakit.

Mempertahankan Struktur Tubuh

Dilansir dari dari Harvard University, air mengisi sel dan menciptakan tekanan yang berlawanan dengan gaya eksternal sehingga bentuk sel menjadi tetap.

Terlihat pada gambar, sel dengan air yang cukup (hydrated cell) struktur sel tetap tanpa terganggu gaya eksternal. Namun jika sel kekurangan air (dehydrated cell), sel tidak dapat mempertahankan bentuknya sehingga keriput dan mengganggu proses biokimia dalam tubuh makhluk hidup.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X