Mengapa Api Sangat Penting dalam Kehidupan Manusia?

Kompas.com - 08/01/2021, 17:38 WIB
Api. ShutterstockApi.

KOMPAS.com - Ketika dekat dengan api pasti rasanya panas dan kita mencoba menghindarinya. Padahal, kita tidak dapat hidup tanpa api.

Tahukah kamu apa saja manfaat api yang membuatnya sangat penting dalam kehidupan manusia? Untuk mengetahui jawabannya, marilah kita simak pembahasan berikut ini!

Api adalah hasil pembakaran antara suatu bahan bakar dengan oksigen yang menghasilkan energi panas.

Api memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai sumber cahaya, sumber energi, pembersihan hutan, membunuh penyakit, dan membantu penyerbukan tumbuhan. Berikut penjelasannya!

  • Sumber Cahaya

Sebelum listrik ditemukan, api adalah pencahayaan utama yang digunakan manusia saat matahari terbenam.

Contoh penggunaan api sebagai sumber cahaya adalah obor, lampion, dan lampu minyak tanah. Nyala dari api memberikan cahaya membuat manusia dapat beraktivitas saat malam hari.

Pada saat berkemah kita menggunakan api sebagaimana manusia menggunakan api sebelum listrik ditemukan.

Api unggun saat kemah dapat memberikan kehangatan, membantu memasak makanan, dan melindungi manusia dari serangan binatang buas.

Baca juga: Mengapa Api Tidak Memiliki Bayangan?

  • Sumber Energi

Pembakaran oleh api menyokong berbagai macam sumber energi seperti pembangkit listrik. Pembangkit listrik tenaga batu bara membutuhkan api untuk membakar batu bara dan menghasilkan uap yang kemudian menggerakan generator listrik.

  • Kebakaran Hutan

Mengapa kebakaran hutan menjadi manfaat dari api? Bukankah kebakaran hutan adalah sesuatu yang sangat merugikan?

Kebakaran hutan terjadi secara alami semenjak hutan terbentuk di permukaan Bumi. Dilansir dari National Geographic, kebakaran hutan alami berfungsi mempertahankan keseimbangan ekologis karena api membersihkan tanah hutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X