Perancangan Produk Grafis

Kompas.com - 07/01/2021, 16:35 WIB
Ilustrasi produk cetak dok KAIIlustrasi produk cetak

KOMPAS.com - Perancangan dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dalam menghasilkan suatu produk yang lengkap dan komprehensif.

Kemampuan dalam perancangan dan kemudian dapat diwujudkan dalam produk nyata, menjadi suatu keunggulan tersendiri.

Dalam proses perancangan produk grafis harus melihat kebutuhan pasar atau identifikasi masalah yang dapat memanfaatkan produk grafis.

Ide terbaik kemudian dilanjutkan dengan pengembangan menjadi produk grafis yang akan dibuat. Setelah itu, persiapan produksi dan prosesnya.

Perancangan produk grafis

Perancangan produksi bertujuan untuk menemukan solusi dari sebuah masalah yang dihadapi dalam hal produksi produk grafis.

Baca juga: 5 Jenis Teknik Cetak Berdasarkan Prinsip

Dalam buku Graphic Products (2002) karya Jon Attwood, proses perancangan produk grafis meliputi:

  • Identifikasi masalah

Identifikasi masalah adalah mencari informasi yang dibutuhkan dalam menyediakan produk grafis yang disesuaikan dengan pangsa pasar di lingkungan sekitar.

Beberapa identifikasi masalah produk grafis, yaitu:

  1. Kemasan produk olahan khas daerah yang dihasilkan industri kecil menengah dinilai kurang informatif. Padahal kemasan dalam produk olahan perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya jual. Produk pangan tersebut membutuhkan produk grafis berupa kemasan dan label yang menarik.
  2. Pembuatan papan nilai dalam kegiatan olahraga atau angka pada nomor punggung juga membutuhkan produk grafis yang baik dan informatif.
  3. Pembuatan kartu ucapan yang bisa menumbuhkan semangat atau motivasi seseorang juga membutuhkan produk grafis yang indah.
  4. Kegiatan pertunjukan membutuhkan poster untuk mengumumkan acara kegiatan. Acara pertunjukan memerlukan tiket masuk. Poster dan tiket menjadi salah satu produk grafis.

Baca juga: Wirausaha Produk Grafika

  • Mencari solusi

Cara yang paling tepat untuk mencari solusi adalah berdiskusi dalam kelompok atau team. Curah pendapat (brainstroming) akan memberikan berbagai ide dari setiap orang untuk membentuk solusi yang efektif dan efisien.

Kunci sukses dari brainstroming adalah mengesampingkan rasa takut bersalaj. Setiap orang dalam team berhak mengeluarkan pendapat. Ide-ide tersebut bisa menjadi perkembangan dari ide sebelumnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X