Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancangan Produk Grafis

Kompas.com - 07/01/2021, 16:35 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Perancangan dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dalam menghasilkan suatu produk yang lengkap dan komprehensif.

Kemampuan dalam perancangan dan kemudian dapat diwujudkan dalam produk nyata, menjadi suatu keunggulan tersendiri.

Dalam proses perancangan produk grafis harus melihat kebutuhan pasar atau identifikasi masalah yang dapat memanfaatkan produk grafis.

Ide terbaik kemudian dilanjutkan dengan pengembangan menjadi produk grafis yang akan dibuat. Setelah itu, persiapan produksi dan prosesnya.

Perancangan produk grafis

Perancangan produksi bertujuan untuk menemukan solusi dari sebuah masalah yang dihadapi dalam hal produksi produk grafis.

Baca juga: 5 Jenis Teknik Cetak Berdasarkan Prinsip

Dalam buku Graphic Products (2002) karya Jon Attwood, proses perancangan produk grafis meliputi:

  • Identifikasi masalah

Identifikasi masalah adalah mencari informasi yang dibutuhkan dalam menyediakan produk grafis yang disesuaikan dengan pangsa pasar di lingkungan sekitar.

Beberapa identifikasi masalah produk grafis, yaitu:

  1. Kemasan produk olahan khas daerah yang dihasilkan industri kecil menengah dinilai kurang informatif. Padahal kemasan dalam produk olahan perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya jual. Produk pangan tersebut membutuhkan produk grafis berupa kemasan dan label yang menarik.
  2. Pembuatan papan nilai dalam kegiatan olahraga atau angka pada nomor punggung juga membutuhkan produk grafis yang baik dan informatif.
  3. Pembuatan kartu ucapan yang bisa menumbuhkan semangat atau motivasi seseorang juga membutuhkan produk grafis yang indah.
  4. Kegiatan pertunjukan membutuhkan poster untuk mengumumkan acara kegiatan. Acara pertunjukan memerlukan tiket masuk. Poster dan tiket menjadi salah satu produk grafis.

Baca juga: Wirausaha Produk Grafika

  • Mencari solusi

Cara yang paling tepat untuk mencari solusi adalah berdiskusi dalam kelompok atau team. Curah pendapat (brainstroming) akan memberikan berbagai ide dari setiap orang untuk membentuk solusi yang efektif dan efisien.

Kunci sukses dari brainstroming adalah mengesampingkan rasa takut bersalaj. Setiap orang dalam team berhak mengeluarkan pendapat. Ide-ide tersebut bisa menjadi perkembangan dari ide sebelumnya.

Ide-ide yang disampaikan bisa berupa gambar, teks, warna, komposisi warna, bentuk, dan teknik yang digunakan dalam membuat produk grafis.

  • Rasionalisasi

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, rasionalisasi adalah proses evaluasi ide-ide yang muncul dengan beberapa pertimbangan teknis, seperti materual dan bahan aoa yang digunakan.

Kemyudian teknik yang akan dilakukan juga dilihat, apakah sesuai dengan produk yang akan dibuat. Bagaimana komposisi dan ukuran produk agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat?

Baca juga: Kemasan dan Pemasaran Produk Kerajinan Obyek Lokal

Hal-hal tersebut harus dipastikan agar produk yang dihasilkan dapat berfungsi dengan semestinya.

Memilih sketsa-sketsa yang sudah dibuat, dengan mempertimbangkan potensi dari produk grafis tersebut.

Kembangkan ide-ide dengan rasional dan tuangkan ke dalam sketsa-sketsa selanjutnya. Tentukan desain akhir dari produk grafis yang akan dibuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com