Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formasi dalam Permainan Softball

Kompas.com - 31/12/2020, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Permainan softball atau sofbol dilakukan dengan memukul bola menggunakan tongkat pemukul atau bat. Sofbol dilakukan di luar ruangan, tepatnya di lapangan yang cukup luas.

Secara garis besar, softball dimainkan oleh dua regu yang memiliki peran masing-masing. Satu tim sebagai pemukul bola serta satu tim lainnya sebagai pelempar bola.

Dalam permainan sofbol, ada formasi pemain yang harus diketahui oleh para pemainnya. Formasi tersebut digunakan untuk mempermudah pemain softball memenangkan pertandingan.

Selain itu, formasi ini juga membuat pemain lebih sadar terhadap apa yang harus mereka lakukan, baik untuk memukul bola maupun melempar bola.

Tahukah kamu apa saja bentuk formasi dalam permainan softball?

Baca juga: Perbedaan Baseball dengan Softball

Mengutip dari Sports Spectator.com, posisi pemain dalam permainan softball sudah ditentukan, yakni urutan pemukul atau hitter.

Pada tim pemukul, urutan para hitter sudah ditentukan terlebih dahulu dalam tim, sebagai bentuk strategi. 

Setelah memukul bola, tentunya para pemukul harus berlari ke base pertama, kedua dan selanjutnya hingga akhirnya kembali ke base awal.

Lalu bagaimana dengan posisi pemain bertahan atau fielder? Berikut formasi untuk pemain bertahan dalam permainan sofbol.

  • Pitcher

Pitcher bertugas sebagai pelempar bola ke arah penangkap bola.

Baca juga: Taktik dan Strategi dalam Permainan Softball

  • Catcher

Catcher berada di belakang home plate untuk menerima lemparan yang gagal dipukul oleh hitter.

Catcher juga bertugas untuk menerima lemparan dari fielder yang mencoba ‘out’ dari home plate.

  • Baseman pertama 

Baseman pertama bertugas untuk menangkap bola dari lemparan bola fielder. Selain itu, tugas baseman pertama juga untuk menggagalkan hitter yang berusaha ‘out’ di base pertama.

Ilustrasi taktik dan strategi dalam permainan softballkemdikbud Ilustrasi taktik dan strategi dalam permainan softball

  • Baseman kedua

kedua dan ketiga memiliki tugas yang sama dengan baseman pertama. Pada intinya tugas baseman adalah menggagalkan pemain lawan yang berusaha untuk ‘out’ di tiap base.

Baca juga: Gerak Spesifik Permainan Softball

  • Pemain lainnya

bersiap untuk menangkap bola yang terbang jauh ke arah lapangan. Pemain tersebut harus segera menangkap dan melempar bola ke fielder.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tujuan permainan softball adalah mencetak angka sebanyak mungkin dan mematikan lawan supaya tidak mendapatkan poin.

Oleh karena itu, permainan softball diperlukan taktik dan strategi penyerangan dan pertahanan.

Berbagai taktik dan strategi permainan softball perlu untuk dianalisis, dirancang, dan dievaluasi. Terdapat pola penyerangan dan pertahanan dalam permainan softball.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com