Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Spermatogenesis

Kompas.com - 30/12/2020, 19:27 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Spermatogenesis adalah proses pembentukan sel kelamin jantan atau sperma untuk dapat bereproduksi pada manusia dan hewan.

Dimanakah tempat terjadinya pembentukan sel sperma dan bagaimanakah struktur sperma? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak penjelasan berikut ini!

Soal dan Pembahasan

1. Dimanakah tempat terjadinya spermatogenesis?

Jawaban:

Spermatogenesis terjadi didalam testis manusia atau hewan jantan, tepatnya pada dinding tubulus seminiferus dan diferensiasi spermatid terjadi pada lumen tubulus seminiferous.


2. Mengapa sperma memiliki bagian kepala yang meruncing dibagian ujungnya? Dan apakah fungsi dari kepala dan ekor sperma?

Jawaban:

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, ujung kepala sperma meruncing karena memiliki topi akrosom yaitu enzim yang membantu sperma untuk dapat menembus kedalam sel telur.

Fungsi kepala sperma berfungsi menyimpan semua materi genetik yang kemudian akan menentukan jenis kelamik dari anak yang dihasilkan.

Baca juga: Oogenesis dan Spermatogenesis pada Manusia dan Hewan

Bagian tengah sperma menyimpan mitokondria yang menyediakan energi bagi sperma untuk bergerak. Ekor sperma berfungsi memberikan gerakan seperti cambuk pada sperma agar dapat melakukan perjalanan hingga ke sel telur.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com