Kompas.com - 30/12/2020, 17:31 WIB
Sebuah ilustrasi kromosom. KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDASebuah ilustrasi kromosom.
Daftar Isi
Buka

KOMPAS.com - Gen berbeda yang saling berdekatan pada satu kromosom yang sama dapat menjadi tautan yang tidak bisa dipisahkan, sehingga dua gen tersebut terus bersama bahkan dalam proses pewarisan sifat.

Tautan gen dinilai dapat menurunkan keragaman pada pewarisan sifat. Untuk dapat mengetahui alasan tautan gen menurunkan keragaman, mari kita bahas soal pembentukan gamet dari genotype yang bertautan dibawah ini!

Soal dan Pembahasan

Suatu individu memiliki genotype AaBbDdEE apabila gen A terpaut dengan gen B dan gen a tertaut dengan gen b, jumlah gamet yang dapat dibentuk adalah…

Jawaban:

Dalam soal disebutkan bahwa gen A tertaut dengan gen B dan gen a tertaut dengan gen b, hal ini berarti gen-gen tersebut tidak dapat dipisahkan.

Baca juga: Fase Pindah Silang antara Kromatid dari Kromosom Homolog

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka gen A dan B akan selalu membentuk pasangan gen AB juga gen a dan B yang selalu membentuk pasangan gen ab, Dd masing-masing akan terpisah menjadi D dan d, serta E bersifat homogen maka hanya akan membentuk alel E.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.