Kompas.com - 27/12/2020, 13:15 WIB
Pebasket Indonesia Gemilang K.R beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebasket Indonesia Gemilang K.R beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

KOMPAS.com - Tentunya setiap orang sudah tidak asing lagi dengan permainan basket. Permainan ini termasuk dalam olahraga bola besar.

Tujuan utama dari permainan basket adalah memasukkan bola ke ring lawan, mencetak poin serta memenangkan pertandingan.

Agar bisa mencapai tujuan tersebut, para pemain basket harus menguasai berbagai teknik dasar serta melatih terus kemampuan penguasaan teknik.

Salah satu teknik yang penting untuk dikuasai adalah teknik lay up shoot dalam permainan basket. Lay up shoot merupakan salah satu teknik menembak bola dalam permainan basket.

Tahukah kamu apa itu teknik lay up shoot dalam permainan basket?

Mengutip dari situs Jr.NBA.com, teknik lay up adalah teknik menembak bola di dekat keranjang tim lawan.

Baca juga: Variasi Menembak Bola ke Ring dalam Permainan Bola Basket

Secara garis besar, teknik lay up dalam permainan basket dilakukan dengan berlari ke salah satu sisi ring basket untuk kemudian melompat dan memasukkan bola ke dalam ring.

Lalu, bagaimana cara melakukan teknik lay up shoot dalam permainan basket?

Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Basketballforcoaches,com:

  1. Mengarahkan pandangan ke target yang dituju, yakni ring basket lawan. Selain itu, pemain yang akan melakukan lay up juga harus bisa membaca dan memecahkan sistem pertahanan lawan.
  2. Langkahkan kaki bagian luar atau yang paling dekat dengan side line. Namun, langkahan kaki juga harus disesuaikan dengan tangan yang digunakan saat melakukan lay up. Contohnya jika akan melakukan lay up dengan tangan kanan, maka langkahkan kaki kanan terlebih dahulu. Sedangkan jika melakukan lay up dengan tangan kiri, maka kaki kiri yang dilangkahkan terlebih dahulu.
  3. Mengendalikan posisi tubuh saat akan melakukan lay up. Jangan tergesa-gesa lalu berlari cepat menuju ring basket lawan. Hal ini tidak akan berhasil, sebaiknya lari secara perlahan agar bisa melakukan teknik lay up shoot dengan baik.
  4. Kaki bagian dalam atau yang paling dekat dengan bagian tengah lapangan harus dilangkahkan ke depan. Jika menggunakan tangan kanan untuk melakukan lay up, maka kaki kiri dilangkahkan terlebih dahulu. Namun jika menggunakan tangan kiri maka kaki kanan harus dilangkahkan terlebih dahulu.
  5. Saat menggiring bola ke ring basket, pastikan jika pemain melindungi bola dari rebutan tim lawan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan tangan satunya yang tidak membawa bola untuk mencegah lawan mengambil alih bola.
  6. Kedua tangan diluruskan ke atas untuk melempar bola ke dalam ring basket. Hal ini dilakukan bersamaan dengan menggerakkan pergelangan tangan.

Baca juga: Kombinasi Teknik Melempar dan Menangkap dalam Permainan Basket

Kesalahan yang sering terjadi

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), perhatikanlah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak lay-up. 

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi seperti, langkah kaki tidak teratur, tangan dan kaki kurang harmonis saat mendekati ring,. 

Kemduian langkah kaki terlalu lebar, bola tidak terkuasai dengan baik sehingga terlepas dari tangan, tidak ada loncatan, dan tidak ada gerakan lanjutan setelah bola lepas.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X