Menentukan Kecepatan Linear pada Lubang Angin Berputar 300 rpm

Kompas.com - 26/12/2020, 12:34 WIB
Peristiwa roda berputar merupakan fenomena gerak melingkar yang terdapat hal fisis berupata kecepatan angular dan linear. racetronics.comPeristiwa roda berputar merupakan fenomena gerak melingkar yang terdapat hal fisis berupata kecepatan angular dan linear.

KOMPAS.com -  Gerak melingkar beraturan berkaitan dengan kecepatan linear. Bagaimanakah penerapannya dalam suatu studi kasus? Salah satu diantaranya akan kita bahas pada contoh soal ini.

Soal dan Pembahasan

Sebuah lubang angin pada ban mobil berputar 300 rpm. Jarak lubang angin tersebut dari pusat ban adalah 0,5 m. Tentukan kecepatan linearnya dalam m/s!

Permasalahan di atas terkait menentukan kecepatan linear, yang penyelesaiannya dilakukan dengan menggunakan konsep gerak melingkar beraturan.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, gerak melingkar beraturan merupakan gerak suatu benda yang bererak dengan kecepatan konstan pada sebuah lingkaran.

Menurut College Physics (2008), kecepatan linear sama seperti kecepatan pada gerak lurus, yaitu jarak yang ditempuh per satuan waktu namun pada gerak melingkar. Jarak yang ditempuh merupakan keliling lingkaran (busur lingkaran).

Baca juga: Gerak Melingkar Berubah Beraturan dan Percepatan Tangensial

Secara definisi, kecepatan linear merupakan hubungan antara panjang lintasan linear yang ditempuh benda per selang waktu tempuhnya.

Adapun persamaan dalam menentukan kecepatan linear suatu benda yang bergerak melingkar adalah:

v = 2πr/T atau v = 2πrf atau v = ωr

dengan r adalah jari-jari, T adalah periode, f adalah frekuensi, dan ω adalah kecepatan sudut.

Sekarang mari kita selesaikan permasalahan pada soal di atas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X