Teknik Recovery dalam Olahraga Lempar Cakram

Kompas.com - 22/12/2020, 15:30 WIB
Atlet lempar cakram putra Jawa Barat, Marcelino Solaholo bertanding pada final nomor lempar cakram klasifikasi F 56 putra di Pekan Paralimpik Nasional 2016 (PEPARNAS) di GOR Saparua, Bandung, Jawa Barat, (18/10/2016). PEPARNAS 2016 yang mempertandingkan 13 cabang olahraga berlangsung hingga 24 Oktober mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOAtlet lempar cakram putra Jawa Barat, Marcelino Solaholo bertanding pada final nomor lempar cakram klasifikasi F 56 putra di Pekan Paralimpik Nasional 2016 (PEPARNAS) di GOR Saparua, Bandung, Jawa Barat, (18/10/2016). PEPARNAS 2016 yang mempertandingkan 13 cabang olahraga berlangsung hingga 24 Oktober mendatang.

KOMPAS.com - Lempar cakram merupakan salah satu contoh aktivitas gerak melempar dalam olahraga atletik.

Walau begitu, teknik lempar bukanlah satu-satunya teknik yang harus dikuasai para atlet lempar cakram.

Olahraga lempar cakram memiliki serangkaian teknik yang sangat penting untuk dipelajari.

Teknik pertama adalah teknik memegang cakram. Selanjutnya adalah teknik rotation dan teknik melempar cakram.

Seluruhnya sangat patut untuk dikuasai karena seluruh teknik tersebut berpengaruh pada hasil lemparan dan juga performa atlet.

Teknik dasar terakhir yang patut untuk dipelajari adalah teknik recovery. Teknik recovery adalah salah satu teknik dasar dalam olahraga lempar cakram.

Baca juga: Teknik Melempar Cakram dalam Olahraga Lempar Cakram

Teknik tersebut merupakan teknik terakhir setelah para atlet berhasil melempar cakramnya.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teknik recovery dalam lempar cakram?

Mengutip dari situs Digital Track and Field,  tujuan dari teknik recovery dalam olahraga lempar cakram adalah untuk menyeimbangkan tubuh seusai melempar cakram.

Selain itu, teknik recovery juga bertujuan agar para atlet bisa terhindar dari pelanggaran peraturan saat bertanding.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X