Kompas.com - 22/12/2020, 14:30 WIB
Seorang atlet lempar cakram tengah melakukan persiapan untuk melempar cakram. www.worldathletics.orgSeorang atlet lempar cakram tengah melakukan persiapan untuk melempar cakram.

KOMPAS.com - Setiap manusia tentunya pernah melakukan aktivitas gerak melempar. Tidak hanya dalam aktivitas sehari-hari, namun juga saat melakukan olahraga.

Pada beberapa jenis olahraga, aktivitas gerak melempar adalah teknik dasar dan utama yang wajib untuk dikuasai.

Salah satu contohnya adalah olahraga atletik lempar cakram. Teknik utama dalam olahraga ini menggunakan aktivitas gerak lempar.

Tahukah kamu apa itu olahraga lempar cakram?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga melempar cakram adalah teknik membuang jauh atau mendorong cakram sejauh mungkin ke arah depan.

Baca juga: Analisis Teknik Rotation dalam Olahraga Lempar Cakram

Walau aktivitas utama yang dilakukan dalam olahraga ini adalah melempar cakram, namun seluruh teknik dasar dalam olahraga lempar cakram patut untuk dipelajari karena dapat berpengaruh pada hasil lemparan serta performa pelempar.

Teknik dasar lempar cakram diawali dengan teknik memegang cakram dan teknik rotation. Kedua teknik ini membutuhkan pelatihan yang rutin dalam melakukannya.

Selanjutnya ada teknik dasar melempar cakram atau yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal sebagai release.

Apa yang dimaksud dengan release dalam olahraga lempar cakram?

Release merupakan teknik utama untuk melempar cakram sejauh mungkin. Teknik tersebut menentukan jarak lemparan cakram.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X