Kompas.com - 21/12/2020, 14:00 WIB
Lempar Cakram www.worldathletics.orgLempar Cakram

KOMPAS.com - Lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga atletik pada nomor lempar. Olahraga tersebut sering dikompetisikan, baik di dalam maupun luar negeri.

Hampir sama dengan lempar lembing, olahraga lempar cakram dilakukan dengan melempar cakram sejauh mungkin.

Namun, tahukah kamu apa itu olahraga lempar cakram?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga melempar cakram adalah aktivitas yang dilakukan dengan membuang jauh-jauh atau mendorong kayu bundar serta pipih yang dilapisi dengan besi atau yang disebut dengan cakram, ke arah depan.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), olahraga lempar cakram atau yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal sebagai discus throw, ternyata sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Sama seperti lempar lembing, olahraga lempar cakram juga termasuk dalam olahraga pentathlon yang sering dikompetisikan di ajang olimpiade kuno.

Baca juga: Tips dalam Melakukan Olahraga Lempar Lembing

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lempar cakram pertama kali diperkenalkan oleh seorang penyair Yunani bernama Homer. Saat itu, Homer menyebutkan olahraga lempar cakram dalam Iliad serta Odyssey.

Berkembang

Olahraga lempar cakram pertama kali dikompetisikan dalam olimpiade modern pada 1896 di Athena. Saat itu, lempar cakram sudah masuk dalam jajaran olahraga atletik modern.

Awalnya para atlet lempar cakram menggunakan gaya yang berlebihan dalam melakukannya. Namun, kini teknik dan peraturan dalam olahraga tersebut sudah semakin berkembang.

Cakram atau discus yang digunakan dalam lempar cakram memiliki ketentuan diameter serta berat yang berbeda untuk kategori putra dan putri.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.