Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peralatan dalam Olahraga Lompat Tinggi

Kompas.com - 18/12/2020, 14:45 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga lompat tinggi tergolong dalam olahraga atletik nomor lompat. Olahraga ini sering dikompetisikan, baik di dalam maupun luar negeri.

Tujuan utama dari olahraga ini adalah mencapai ketinggian yang telah ditentukan dengan posisi tubuh saat melayang dan mendarat yang baik dan benar.

Olahraga lompat tinggi cukup sulit untuk dilakukan. Namun, siapa saja bisa melakukannya asalkan menguasai keterampilan teknik dasar serta rutin berlatih.

Agar latihan semakin efektif, para atlet membutuhkan berbagai peralatan penunjang. Apa sajakah peralatan yang dibutuhkan dalam olahraga lompat tinggi?

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), olahraga lompat tinggi dilakukan di sebuah lapangan khusus yang harus dilengkapi dengan berbagai peralatan.

Baca juga: Tahap Pendaratan dalam Olahraga Lompat Tinggi

Lapangan untuk lompat tinggi berbentuk setengah lingkaran yang memiliki lintasan lari sepanjang 49,21 kaki atau setara dengan 15 meter.

Lapangan tersebut harus dibuat sedemikian rupa agar para atlet bisa berlari dari sudut 180 derajat dari arah manapun.

Peralatan utama yang dibutuhkan dalam olahraga lompat tinggi adalah dua tiang tegak vertikal serta tiang horizontal.

Kedua tiang ini akan digunakan sebagai area olahraga lompat tinggi. Kedua tiang tegak vertikal itu akan digunakan sebagai penyangga tiang horizonal.

Area pendaratan dalam olahraga lompat tinggi dilakukan di atas sebuah lubang, yang sebelumnya sudah diberi bantalan empuk terlebih dahulu.

Selain itu, lompat tinggi juga membutuhkan peralatan berupa penanda yang diletakkan di lintasan lari untuk olahraga lompat tinggi.

Baca juga: Peralatan dalam Olahraga Lompat Jauh 

Tujuannya agar para atlet dapat mengetahui dari titik mana, mereka bisa mulai berlari.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tujuan lompat tinggi adalah melompat setinggi-tingginya dengan menggunakan cara yang benar.

Alat dan perlengkapan yang berhubungan dengan nomor lompat tinggi adalah lintasan awalan, mistar, tiang lompat, dan tempat mendarat atau matras atau kasur tebal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com