Kompas.com - 15/12/2020, 16:15 WIB
Instalasi seni berbentuk toko yang barang-barangnya terbuat dari plastik. New York TimesInstalasi seni berbentuk toko yang barang-barangnya terbuat dari plastik.

KOMPAS.com - Dalam seni rupa terdapat beberapa cabang, salah satu cabangnya adalah seni instalasi

Keunikan seni instalasi yang biasa dilihat pada pameran tertentu, menggabungkan beberapa benda dari sekitar lingkungan untuk dibuat karya yang mengagumkan.

Seni instalasi masuk menjadi bagian dari kategori seni rupa kontemporer yang didalamnya memiliki nilai seni tinggi.

Dikutip dari karya berjudul Peran Kekuasaan dalam Seni Rupa Kontemporer (2000) karya Sumartono, seni instalasi merupakan salah satu bagian dari seni rupa kontemporer.

Instalasi adalah karya seni rupa yang diciptakan dengan menggabungkan berbagai media, membentuk kesatuan baru, dan menawarkan makna baru.

Baca juga: Seni Kriya sebagai Kerajinan Tangan 

Karya instalasi tampil secara bebas, tidak menghiraukan pengotakan cabang-cabang seni rupa. Karya instalasi bisa mengandung kritik, sindiran, atau keprihatinan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seni instalasi atau installation (pemasangan) adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu.

Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial, politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi.

Seni instalasi dalam konteks visual merupakan perupaan yang menyajikan visual tiga dimensional yang memperhitungkan elemen-elemen ruang, waktu, bahkan suara.

Dilansir dari buku Seni Rupa Penyadaran (1997) karya Moelyono, seni instalasi mendasarkan dirinya pada pengutamaan konsepsi. Hakikat seni instalasi terletak pada landasan konseptualnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X